Breaking News:

PON XX Papua

Anggrek Langka Ekor Tikus Kalteng Maskot Kota Palangkaraya Juara Kategori Terbaik PON XX Papua

peserta asal Kalteng mendapat trofi pemenang kategori Anggrek Langka pada kegiatan Papua Orchid Show 2021 PON XX Papua.

Editor: Fathurahman
istimewa
Anggrek Langka asal Kalimantan Tengah yang juara pada kegiatan Papua Orchid Show 2021 PON XX Papua. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA, - Menjadi kebanggaan bagi Kalimantan Tengah, khusunya Kota Palangkaraya dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Tanaman anggrek langka Bumi Tambun Bungai yakni Anggrek Tikus yang ikut dalam lomba saat PON XX Papua berhasil menyabet juara kategori terbaik.

Anggrek tikus merupakan salah satu Maskot Kota Cantik Palangkaraya yang selama ini termasuk tanaman Anggrek langka yang ada di dunia turut ambil bagian dalam PON XX Papua.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Cinta Anggrek Spesies Indonesia (CASI) Provinsi Kalimantan Tengah yang ikut dalam kegitatan tersebut.

Baca juga: Regita Desyari Putri Atlet Catur Kalteng Berhasil Tambah Satu Perunggu di PON XX Papua

Baca juga: Suka Duka Atlet Kontingen Kalimantan Tengah Mengikuti Ajang PON XX Papua

Baca juga: Usai Bertanding di PON XX Papua Atlet Panahan dan Baseball Putra Kembali ke Kalimantan Tengah

Ternyata, berhasil memenangkan kategori Anggrek Langka pada kegiatan Papua Orchid Show 2021 juga dalam rangkaian Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Kegiatan Papua Orchid Show 2021 yang dilaksanakan muali tanggal 1 sampai 6 Oktober 2021 ini diikuti oleh 46 perwakilan provinsi serta kabupaten setempat.

Sekertaris LSM CASI Kalteng, Chandra Ardinata mengatakan, dalam kegiatan tersebut pihaknya memamerkan dua jenis tanaman anggrek yang berasal dari wilayah provinsi setempat.

Dari salah satu yang dipamerkan, LSM CASI Kalteng terdapat Paraphalaenopsis Laycockii atau lebih dikenal dengan Anggrek Ekor Tikus Kalteng yang masuk dalam kategori tanaman anggrek langka.

"Anggrek Ekor Tikus merupakan jenis tanaman anggrek hanya ada 4 jenis di dunia dan salah satunya ada di tempat kita. Ini tentunya patut untuk kita jaga," kata Chandra, Jumat (/10/2021).

Owner Rumah Anggrek Arsyila tersebut menjelaskan, Anggrek Ekor Tikus Kalteng adalah maskot dari Kota Palangkaraya yang jarang di tampilkan dalam pergelaran pameran.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved