Breaking News:

Berita Palangkaraya

Pemprov Kalteng Apresiasi Peningkatan Kualitas Pendidikan Lewat Seleksi Kompetansi Guru PPPK

Pemerintah Kalimantan Tengah mendukung upaya peningkatan kualitas tenaga guru melalui seleksi kompetensi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja

Editor: Fathurahman
pangkan /tribunkalteng.com
Sejumlah calon pegawai negeri sipil di Palangkaraya saat mencuci tangan sebelum mengikuti tahapan seleksi di Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalimantan Tengah, belum lama tadi. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Pemerintah Pusat mulai menerapkan seleksi kompetensi
Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru di sejumlah provinsi termasuk di Kalimantan Tengah.

Ini terlihat dengan adanya rapat persiapan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK Guru di Kalteng Tahun 2021 yang digelar, belum lama ini.

Bukan hanya kualitas yang dibenahi, adanya seleksi PPPK tenaga guru diharapkan bisa mencukupi kekurangan guru yang ada di Bumi Tambun Bungai.

Data yang didapat dari Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah tahun 2020 tercatat Disdik Kalteng diberikan kewenangan menangani SLTA antara lain, SMA, SMK, SLB .

Baca juga: Peserta Test CPNS dan PPPK 2021 Pemprov Kalteng, Wajib Pakai Masker Tiga Lapis

Baca juga: Pendaftaran Hanya di sscasn.bkn.go.id, Simak Alur Seleksi CPNS 2021 PPK Guru dan PPPK Nonguru

Baca juga: Kementerian PANRB Terbitkan 3 Aturan CASN 2021, Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Resmi Diumumkan

Jumlah guru sebanyak 4.000 ASN dan Guru kontrak 2.500 dengan jumlah siswa sebanyak 98 ribu orang yang tersebar di 13 kabupaten dan satu kota se Kalimantan Tengah.

Hingga, Jumat ( 8/10/2021) masih saja ada keluhan kekurangan tenaga guru untuk mengajar didaerah pinggiran Kota di Kalimantan Tengah.

Masih ada guru yang mengajar dalam satu sekolah hingga mengampu beberapa mata pelajaran karena guru yang ada dipinggiran kota masih minim.

Sementara itu, Plt Sekdaprov Kalteng H Nuryakin, mengatakan, pengembangan Sumber Daya Manusia dengan peningkatan kualitas pendidikan jadi salah satu visi Disdik Kalteng.

"Pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK Guru diharapkan terjadi peningkatan kompetensi pendidik yang akan berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik," ujarnya.

Mantan Wabup Murung Raya ini, mengatakan, pihaknya menyambut baik kebijakan penambahan nilai kompetensi teknis atau seleksi kompetensi PPPK Guru kepada 4 kategori pelamar .

"Pelamar yang memiliki sertifikat pendidik linier dengan jabatan yang dilamar, pelamar yang berusia di atas 35 Tahun dan berstatus aktif mengajar sebagai guru paling singkat 3 tahun," katanya.

Selain itu, juga bagi pelamar dari penyandang disabilitas yang sudah disertifikasi jenis dan derajat sesuai dengan jabatan yang dilamar.

"Pelamar dari tenaga honor kategori THK-II dan aktif mengajar sebagai guru paling singkat 3 Tahun sampai saat ini," sebutnya lagi.

Panitia seleksi Nasional hingga saat ini belum mengumumkan hasil seleksi Tahap I PPPK Guru Tahun 2021, yang semestinya diumumkan pada tanggal 24 September 2021 lalu. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved