Breaking News:

Berita Internasional

Presiden Filipina Rodrigo Duterte Batal Jadi Calon Wakil Presiden, Buka Peluang Anak Maju Pilpres

Rodrigo Duterte semula mencalonkan diri sebagai wakil presiden karena sesuai konstitusi tidak bisa lagi mencalonkan diri sebagai presiden

Editor: Dwi Sudarlan
AFP Photo/Tribunnews
Rodrigo Duterte semula mencalonkan diri sebagai wakil presiden karena sesuai konstitusi dia tidak bisa lagi mencalonkan diri sebagai presiden 

TRIBUNKALTENG.COM, MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte membatalkan pencalonannya sebagai wakil presiden pada Pilpres mendatang.

Pembatalan yang diumumkan Sabtu (2/10/2021) ini mengejutkan karena sebelumnya, Rodrigo Duterte dengan penuh semangat menyatakan pencalonan dirinya sebagai wakil presiden pada pemilu mendatang.

Rodrigo Duterte semula mencalonkan diri sebagai wakil presiden karena sesuai konstitusi dtidak bisa lagi mencalonkan diri sebagai presiden.

Berdasar konstitusi Filipina, masa jabatan presiden hanya sekali dengan masa pemerintahan 6 tahun.

Dalam pernyataannya, Duterte menyebut dirinya memutuskan pensiun dari dunia politik.

Namun, pernyataan itu secara tidak menegaskan pembatalan dirinya sebagai calon wakil presiden dalam pemilu yang rencananya digelar tahun depan.

Duterte mengakui banyak pihak yang menolak pencalonan dirinya sebagai wakil presiden. 

"Sentimen yang luar biasa dari orang Filipina adalah bahwa saya tidak memenuhi syarat, dan itu akan menjadi pelanggaran konstitusi," kata Duterte.

"Saya akan mengikuti apa yang Anda inginkan, dan hari ini saya mengumumkan pengunduran diri saya dari politik," lanjutnya. 

Rodrigo Duterte semula mencalonkan diri sebagai wakil presiden karena sesuai konstitusi dia tidak bisa lagi mencalonkan diri sebagai presiden
Rodrigo Duterte semula mencalonkan diri sebagai wakil presiden karena sesuai konstitusi dia tidak bisa lagi mencalonkan diri sebagai presiden (AFP Photo/Tribunnews)

Pemimpin berusia 76 tahun yang dikenal karena tindakan keras anti-narkobanya, sebelumnya menerima pencalonan sebagai wakil presiden untuk pemilihan pada 9 Mei 2021 mendatang.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved