Breaking News:

Wawancara Khusus

VIDEO Wawancara Khusus: Uskup Palangkaraya Siapkan Pelayan Umat Kalteng Sebagai Raja Damai

Kami ingin petugas keagamaan kami membawa damai dan menjadikan damai yang meraja d supaya tidak terjadi lagi konflik seperti 2000-2001

Editor: Dwi Sudarlan
TribunKalteng.com/Aya Sugianto
Wawancara khusus TribunKalteng.com dengan Uskup Palangkaraya Dr Mgr AM Sutrisna Atmaka MSF 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYAUskup Palangkaraya Dr Mgr AM Sutrisna Atmaka MSF menyatakan semua pelayan umat Katholik di Kalimantan Tengah dididik menjadi “raja damai”.

Para calon pastur dan calon imam itu digembleng di seminari, dan begitu diterjunkan ke masyarakat diharapkan memberi kesejukan dan kedamaian di tengah masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan Sutrisna Atmaka kepada TribunKalteng.com dalam wawancara khusus, pertengahan September 2021, saat tim Tribun Network bersilaturahmi ke Keuskupan Palangkaraya.

“Kami ingin petugas keagamaan kami membawa damai dan menjadikan damai yang meraja di kalangan umat supaya tidak terjadi lagi konflik seperti 2000-2001,” kata uskup kelahiran Wedi, Klaten, Jawa Tengah ini.

Baca juga: Hilangkan Trauma, Polwan Polda Kalteng Ajak Anak-anak Korban Banjir Bermain

Baca juga: Tiga Tahun Kepemimpinan Fairid-Umi, Legislator Palangkaraya Harapkan Ini

“Itu peristiwa sangat menyedihkan, sangat menyengsarakan,” imbuh mantan pengajar teologi di Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta itu.

Ia mengingat peristiwa sangat kelam itu karena bertepatan awal penugasannya di Palangkaraya, Februari 2001.

“Konflik etnis di Sampit sangat berdampak hingga Palangkaraya. Ini jadi trauma di tengah masyarakat kita,” kenangnya.

Mgr AM Sutrisna Atmaka bersyukur sisa trauma itu tidak terlalu lama menghantui warga Kalteng, dan berangsur suasana kembali kondusif

Secara khusus, Uskup Palangkaraya memaparkan perkembangan keumatan selama 20 tahun terakhir sejak ia tiba melayani umat Kalteng.

“Luar biasa. Satu pihak umat di pedalaman berkembang, begitu juga di perkotaan. Dari tadinya 35 ribu sekarang jadi 91 ribu,” ungkapnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved