Breaking News:

Narkoba Kalteng

VIDEO Barbuk 1,3 Kg Sabu Dimusnahkan, Para Tersangka dari Jaringan Narkoba Palangkaraya-Pontianak

Sebanyak 1,3 kilogram sabu hasil pengungkapan kasus narkoba oleh Ditresnarkoba Polda Kalteng, sejak Juli hingga Agustus 2021 dimusnahkan.

Penulis: Fathurahman | Editor: Syaiful Akhyar

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Sebanyak 1.374,58 gram sabu barbuk kejahatan narkoba yang diungkap oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalteng, sejak Juli hingga Agustus 2021, dimusnahkan.

Pemusnahan barbuk sabu yang digelar pada Jumat (17/9/2021) tersebut, dilakukan langsung oleh Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo, perwakilan Balai POM, Kejaksaan, Badan Narkotika Nasional (BNNP).

Sebelumnya, dilakukan pengecekan keaslian sabu oleh petugas Balai POM menggunakan alat pendeteksi sabu.

Sabu sebanyak 1,3 kilogram lebih tersebut merupakan hasil pengungkapkan kasus penyalahgunaan narkoba sejak Bulan Juli hingga Agustus, 2021 oleh Ditresnarkoba Polda Kalteng.

Baca juga: Perusahaan Tambang Gandeng Polda Kalteng Salurkan Bantuan Korban Banjir dan Covid-19 Kalteng

Baca juga: Apa dan Siapa Suku Dayak Kalimantan, Simak Manik-manik, Tato dan Desa Wisata Khas Dayak

Baca juga: Jangan Tinggalkan Ibadah Ini di Hari Jumat Bila Tidak Sangat Terpaksa, Allah Akan Menutup Hatinya

Ada sebanyak 13 orang tersangka pengedar narkotika jenis yang turut serta menyaksikan pelaksanaan pemusnahan sabu di Mapolda Kalteng tersebut.

Barang bukti butiran sabu dimusnahkan dengan cara dimasukan ke dalam dua buah galon berisi air lalu dicampurkan dengan cairan pembersih lantai dan diaduk hingga mencair.

Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo, Kepala BNNP Kalteng, Balai POM dan kejaksaan setempat lakukan pemusnahan barbuk pengungkapan kasus narkoba di Kalteng, JUmat (17/9/2021)
Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo, Kepala BNNP Kalteng, Balai POM dan kejaksaan setempat lakukan pemusnahan barbuk pengungkapan kasus narkoba di Kalteng, JUmat (17/9/2021) (tribunkalteng.com/Fathurahman)

Kemudian, air dalam galon yang berisi campuran narkoba dan cairan pembersih lantai itu kemudian diaduk. Lalu cairan air itu dibuang ke dalam parit yang ada di lingkungan lembaga penegak hukum tersebut.

Sementara itu, Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Dedi Prasetyo didampingi Direktur Reserse Narkoba Polda Kalteng, Kombes Pol, Nono Wardoyo, mengungkapkan, narkoba yang mereka sita merupakan jaringan Palangkaraya-Pontianak.

"Pengedar selama ini dalam pendistribusian narkoba menggunakan jalur udara dari Pontianak (Kalbar) ke Palangkaraya (Kalteng)," ujar Jenderal bintang dua ini.

Dijelaskan , kasus terbaru yang diungkap, pada 15 September 2021, pihaknya berhasil menangkap dua tersangka yang diamankan inisial UW (53) dan AH (38) warga Kotawaringin Timur.

Dari keduanya, petugas berhasil menyita barang bukti sabu pada TKP 1 sebanyak 100 gram dan para TKP 2 sebanyak 196 gram sabu."Kamu juga menyita barbuk lainnya," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Narkoba Polda Kalteng, Kombes Pol Nono Wardoyo, mengatakan, saat ini peredaran narkoba sudah masuk hingga ke perkebunan kelapa sawit yang ada di Kalteng.

"Kami tetap terus konsisten bertekad membasmi narkoba, namun tentunya juga diperlukan kerjasama dengan masyarakat untuk informasi jika ada penyalahgunaan narkoba," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved