Breaking News:

Banjir Kalteng

Banjir di Kotim Kalteng, Tim SAR Polairud Evakuasi Warga Kuayan, Pemprov Kalteng Salurkan Bantuan

Tim siaga banjir Ditpolairud Polda Kalteng evakuasi korban banjir di Kelurahan Kuala Kuayan Kecamatan Mentaya Hulu Kabupaten Kotim, Kalteng.

Penulis: Fathurahman | Editor: Syaiful Akhyar
Polres Kotim
Banjir masih terus menggenangi rumah warga di sejumlah kabupaten di Kalteng. 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT-  Tim siaga banjir Ditpolairud Polda Kalteng evakuasi korban banjir di Kelurahan Kuala Kuayan Kecamatan Mentaya Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng.

Menggunakan perahu karet dengan mendatangi rumah-rumah warga yang terendam akibat meluapnya Sungai Mentaya dibagian hulu.

Direktur Polairud Polda Kalteng Kombes Pol Pitoyo Agung Yuwono, mengatakan tim yang diturunkan ke lokasi banjir sudah mulai bergerak membantu warga hingga melakukan evakuasi warga.

"Debit air cenderung meninggi pada malam hari sehingga personel SAR melakukan penyisiran ke lokasi banjir mencari warga yang akan di evakuasi," ujarnya.

Baca juga: Jalur Sampit-Kasongan Terancam Putus, Gorong-gorong Jembatan Km15 Kerengpangi Katingan Ambruk

Baca juga: Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran Geram di Saat Banjir, Praktik Pembalakan Liar Masih Terjadi

Baca juga: Profil KH Anas Fauzie, Penghulu Viral yang Punya Gaya Ceramah Menarik di Acara Akad Nikah

Dia mengungkapkan, kelurahan Kuala Kuayan merupakan salah satu lokasi yang paling parah terendam banjir sehingga pihaknya fokus melalukan pertolongan terhadap warga yang terdampak.

"Banyak rumah warga dan fasilitas publik serta sekolah bahkan puskesmas tergenang air dengan ketinggian mencapai satu hingga dua meter , air belum juga surut dalam dua hari ini," ujarnya.

Pemprov Kalteng berikan bantuan masyarakat terdampak banjir di Kecamatan Mentaya Hulu, Kecamatan Kota Besi dan Kecamatan Antang Kalang, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Banjir yang melanda Kabupaten Kotawaringin Timur terjadi mulai tanggal 23 Agustus 2021.

Banjir ini melanda 7 kecamatan, 58 Desa dan Kelurahan dengan total masyarakat yang terdampak banjir sekitar 5.402 KK. Bantuan dari Pemprov. Kalteng yang disalurkan untuk Kabupaten Kotawaringin Timur.

Plt. Kepala Pelaksanan BPB-PK Kalteng, Erlin Hardi mengatakan, total bantuan keseluruhan yang didistribusikan ke Kabupaten Kotim sebanyak 3.000 paket. Bantuan yang disalurkan berupa beras, sembako dan obat-obatan.

"Kabupaten lainnya juga terdampak juga akan distribusikan bantuan. Paket bantuan ada beras 20 kilogram, sembako, gula, teh, kopi, obat-obatan, susu," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved