Breaking News:

Berita Kapuas

Kecamatan Pulau Petak Kapuas Sosialisasi Pajak dan IMB Sarang Burung Walet, Begini Harapannya

Kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas gelar sosialisasi pajak dan IMB sarang burung walet di wilayah kecamatan setempat.

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Syaiful Akhyar
Kecamatan Pulau Petak
Aparat Kecamatan Pulau Petak Kapuas sosialisasi Pajak Sarang Burung Walet dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Sarang Burung Walet. 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS -  Kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas gelar sosialisasi pajak dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) usaha sarang burung walet di wilayah kecamatan setempat.

"Kegiatan itu dilakukan guna mendukung pembangunan di wilayah Kabupaten Kapuas dan sebagai upaya memenuhi target Pendapatan Asli Daerah (PAD)," kata Camat Pulau Petak, Seflihi, Senin (30/8/2021).

Kegiatan dilaksanakan dan diikuti masyarakat pengusaha sarang walet di wilayah tersebut. Saat kegiatan dengan tetap memperhatikan dan disiplin terapkan protokol kesehatan guna cegah covid-19.

Sosialisasi digelar mengingat banyaknya masyarakat yang membangun sarang burung walet untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan yang cukup menjanjikan.

Baca juga: Wujudkan Birokrasi yang Bersih dan Melayani, Pemkab Kapuas Bentuk Unit Pengendalian Gratifikasi

Baca juga: Jelang Evaluasi SAKIP dan RB 2021 Serentak Nasional, Begini Persiapan Digenjot Pemkab Kapuas

Baca juga: KPK OTT Anggota DPR 10 Besar Peraih Suara Terbanyak Hasan Aminudin dan Bupati Probolinggo

"Terkhususnya di Kabupaten Kapuas sehingga menjadi salah satu penyumbang PAD," harapnya.

Camat Pulau Petak pun mengatakan pengusaha walet sangat mendukung penuh dan sepakat untuk didata bangunan waletnya masing-masing guna dibuatkan surat ijinnya.

"Kami mengharapkan agar sarang burung walet di Kecamatan Pulau Petak dapat berpartisipasi dalam pembangunan di Kapuas, dengan mengurus perijinan bangunan sarang burung waletnya," ucapnya.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah, Yuyun H Soeda dan jajarannya akan kembali melakukan sosialisasi yang bertujuan agar para masyarakat pemilik sarang burung walet, sadar akan kewajibannya untuk berkontribusi kepada daerah dalam hal membayar pajak walet.

"Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Kapuas Nomor 971.11/915 tahun 2021 yang mengatur tentang pajak sarang burung walet," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved