Breaking News:

Berita Kapuas

Kadisdik Kapuas Minta Kepala Sekolah dan Madrasah Persiapkan Sarana Prasarana Asesmen Nasional

Kepala Dinas Pendidikan Kapuas, H Suwarno Muriyat, minta para kepala sekolah dan madrasah persiapkan sarana prasarana untuk Asesmen Nasional (AN).

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Syaiful Akhyar

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Kapuas, H Suwarno Muriyat minta para kepala sekolah dan madrasah persiapkan sarana prasarana untuk Asesmen Nasional (AN).

"Pelaksanaannya mulai sekitar pertengahan September mendatang, maka itu saya harapkan agar seluruh Kepala Sekolah dan Madrasah sejak saat ini telah mempersiapkan secara matang semua, terutama sarana dan prasarana," kata H Suwarno, Sabtu (28/8/2021).

Dilanjutkannya, sarana dan prasarana yang dimaksud adalah digital (jaringan internet dan komputer) menindaklanjuti hasil Try Out Asesmen Berbasis Komputer (TO ABK) yang telah dilaksanakan beberapa hari lalu.

"Lalu agar menunjuk dan mengikutsertakan proktor atau teknisi dan calon pengawas dalam bimbingan teknis," ujarnya.

Baca juga: Kedapatan Berjudi Dadu Gurak, Warga Pulangpisau Kalteng Diamankan Petugas Polsek Kapuas Barat

Baca juga: Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Ibu Hamil di Kabupaten Kapuas , Begini Harapan Bupati Kapuas

Baca juga: Kecamatan Kapuas Murung Gelar Pemeriksaan Kolaborasi IVA dan Pelayanan KB Gabungan Dua Desa

Selain itu, Kadisdik Kapuas yang membuka dan memberi materi dalam Rapat koordinasi (Rakor) secara virtual, meminta untuk memantapkan persiapan AN mengajak peserta senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

"Kepala Sekolah/Madrasah juga adalah Ketua Mabigus Pramuka sekaligus menjadi Duta Perubahan Perilaku Covid-19 dengan memberi contoh daalam penerapan 5M sebagai adaptasi kebiasaan baru (AKB)," pesannya.

Sementara itu, Kabid Pembinaan SMP Disdik Kapuas, Agustin dalam rakor yang dilaksanakan belum lama tadi menguraikan terkait kepesertaan, pelaksanaan dan penyiapan teknis, pengolahan dan pelaporan, pemantauan dan evaluasi serta prosedur penanganan masalah, tindak lanjut, sanksi serta alternatif penanganan kendala dalam pelaksanaan AN nanti.

"Perkiraan pelaksanaan AN untuk SMK, MAK, Paket C sederajat akan dilaksanakan 20 – 23 September, SMA dan MA 27 – 30 September, SMP, MTs dan Paket B pada tanggal 4 – 7 Oktober sedangkan SD, MI dan Paket A tanggal 8 – 11 November 2021 nanti," bebernya.

Kemudian, Kabid Pembinaan SD Disdik Kapuas, Franz Yulian menambahkan ruang lingkup peserta ANBK pada Satuan Pendidikan terdiri Kepala satuan pendidikan, seluruh pendidik, peserta didik yang terpilih sebagai sampel pada satuan pendidikan.

"Peserta didik mengikuti AKM, survei karakter, dan survei lingkungan belajar, sedangkan seluruh pendidik dan kepala satuan pendidikan mengikuti survei lingkungan belajar," tambah Franz.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved