Breaking News:

Berita Kalteng

Awasi Tambang dan Reklamasi, Dinas ESDM Kalteng Aktifkan Aplikasi Sigei Awas Perek

Dinas ESDM Provinsi Kalteng gunakan aplikasi Sigei Awas Perek untuk pengawasan penambangan dan reklamasi di wilayah Kalimantan Tengah.

Penulis: Fathurahman | Editor: Syaiful Akhyar
tribunkalteng.com/Fathurahman
Kepala Dinas ESDM Kalteng, Ermal Subhan 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalimantan Tengah gunakan aplikasi Sigei Awas Perek untuk pengawasan penambangan dan reklamasi.

Aplikasi bernama Sigei Awas Perek milik Dinas ESDM Kalteng ini, merupakan aplikasi Sistem Informasi Geospasial Pengawasan Penambangan dan Reklamasi dalam mengawasi kegiatan perusahaan.

Kepala Dinas ESDM Kalteng, Ermal Subhan, mengatakan dalam PP Nomor 55 Tahun 2010 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pengelolaan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara diperlukan sistem informasi geospesial dalam mengoptimalkan pengawasan pertambangan batuan dan izin pertambangan rakyat.

Aplikasi tersebut, terus disosialisasi kepada pihak pihak terkait, seperti perwakilan perusahaan pemegang izin usaha pertanbangan (IUP) batubara, mineral logam, mineral non logam dan batuan dan hasil bumi lainnya.

Baca juga: Petugas PPKM Palangkaraya Gencarkan Operasi Yustisi Siang Malam, Warga Isolasi Mandiri Didata

Baca juga: Penumpang Pesawat Positif Covid-19 Gunakan Suket PCR Palsu Diamankan Petugas Bandara Tjilik Riwut

Baca juga: Perekonomian Kalteng Triwulan II 2021 Tumbuh 5,56 Persen, Disumbang Produksi Sawit dan Batu Bara

"Aplikasi ini untuk optimalisasi pelaksanaan pembinaan dan pengawasan atas penyelenggaraan pengelolaan usaha pertambangan batuan dan izin pertambangan rakyat. Selain itu mensosilisasikan web yang kami miliki," ujarnya.

Aplikasi tersebut, juga bertujuan dalam menyediakan atau menyajikan informasi peta secara digital serta diakses secara online dengan internet sehingga memudahkan pencarian data dan informasi wilayah.

"Pengembangan aplikasi ini juga sebagai implementasi dan pengembangan dari proyek perubahan peningkatan pengawasan penambangan dan reklamasi," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved