Breaking News:

Berita Palangkaraya

Karhutla di Palangkaraya, Polda Kalteng Pasangi Spanduk Imbauan di Lahan Bekas Tebasan Warga

Karhutla di Palangkaraya, Polda Kalteng pasangi spanduk imbauan di lahan bekas tebasan warga

Penulis: Fathurahman | Editor: Dwi Sudarlan
Tribun Kalteng/Faturahman
Sejumlah petugas saat memasang spanduk berisi larangan membakar lahan di lahan bekas tebasan milik warga di Jalan Tjilik Riwut arah Palangkaraya-Kasongan, Kalteng 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Karhutla di Palangkaraya, Polda Kalteng melakukan upaya edukasi pencegahan kebakaran lahan, salah satunya memasang spanduk di lahan bekas tebasan warga.

Upaya Polda Kalteng ini dimaksudkan untuk mencegah terjadi kebakaran lahan milik warga yang bisa merembet ke lahan lainnya.

Pemasangan spanduk ini sengaja dilakukan di lahan bekas tebasan agar tidak dilakukan pembakaran rumput-rumput yang kering.

Apalagi, sudah beberapa minggu ini Kota Palangkaraya dan kabupaten lainnya di Kalimantan Tengah tidak diguyur hujan sehingga lahan yang dibersihkan warga dengan cara ditebas sangat rawan terbakar atau dibakar.

Baca juga: Karhutla di Palangkaraya, Polisi Selidiki Kebakaran Lahan Gambut di Kawasan Bandara Tjilik Riwut

Baca juga: Karhutla di Palangkaraya, Petugas Patroli Keliling Pantau Kawasan Rawan Terbakar

Baca juga: News Video Kebakaran di Palangkaraya, Api Hanguskan Puluhan Bangunan di Kawasan Padat Mendawai

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo melalui Direktur Binmas Kombes Pol Ebet Gunandar, Selasa (27/7/2021) memerintahkan personel yang terlibat Operasi Bina Karuna Telabang 2021 untuk melakukan kegiatan edukasi kepada warga agar memasang spanduk larangan membakar lahan di lahan bekas tebasan milik warga.

Petugas kepolisian  memasang spanduk di bidang tanah milik warga yang berada di Jalan Tjilik Riwut kilometer 13  Palangkaraya, dengan tulisan lahan kering bekas tebasan dilarang dibakar. "Spanduk tersebut kami pasang, untuk  edukasi kepada pemilik lahan agar tidak membakar bekas tebasan yang sudah mengering," ujarnya.

Ebet menjelaskan, selesai melakukan pemasangan spanduk, tim ini kemudian bergeser  menuju Kantor Kelurahan Pahandut Seberang untuk melakukan, operasi Bina Karuna Telabang 2021 yakni melakukan sharing agar selalu memberitahukan warganya untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Bukann hanya itu  polisi juga memberikan kertas berisikan maklumat Kapolda Kalteng tentang ancaman hukum pidana bagi warga yang membakar lahan.

"Kami juga menyerahkan maklumat Kapolda Kalteng terkait sanksi pidana bagi para pelaku pembakaran hutan dan lahan," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved