Breaking News:

Banjir Kalteng

Banjir di Kabupaten Lamandau Meluas Hingga ke Kabupaten Katingan di Kalteng, Bantuan Mulai Mengalir

Banjir di Kabupaten Lamandau sejak dua hari lalu, kini meluas hingga merendam sejumlah desa dan kecamatan di Kabupaten Kati

Penulis: Fathurahman | Editor: Syaiful Akhyar
tribunkalteng.com/Fathurahman
Bantuan sembako untuk korban banjir di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Banjir di Kabupaten Lamandau sejak dua hari lalu, kini meluas hingga merendam sejumlah desa dan kecamatan di Kabupaten Katingan, Kalteng.

Bersamaan dengan itu, bantuan sembako berdatangan yang disalurkan untuk korban banjir.

Data Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kalimantan Tengah, banjir tidak hanya terjadi di Kabupaten Lamandau saja tetapi juga meluas ke Kabupaten Katingan.

Setidaknya ada 3 kecamatan yang terdampak, yaitu di Kecamatan Katingan Tengah, Sanaman Mantikei dan Kecamatan Petak Malai.

Baca juga: Pelajar SMP dan SMA di Kota Palangkaraya Kalteng Diberikan Vaksinasi Covid-19

Baca juga: Capaian Vaksinasi Covid-19 Kalteng Masih 19 Persen dari Target, Parpol Turut Gelar Vaksinasi Massal

Baca juga: Amalkan Setelah Sholat Subuh, Kumpulan Doa dan Dzikir yang Diajarkan Rasulullah Buka Pintu Rezeki

Kecamatan Katingan Tengah ada 5 Desa yang terdampak dengan total 549 unit rumah terendam, 6 unit rumah ibadah, 11 Fasilitas Sekolah, 1 Postu.

Di Kecamatan Sanaman Mantikei ada 10 desa yang terendam, sebayak 1.548 unit rumah yang terendam, sedangkan di Kecamatan Petak Malai ada 4 Desa, total 154 unit rumah terendam.

Petugas BPBD masih melakukan pemantauan dan pendataan di lokasi serta mengimbau masyarakat yang terdampak banjir untuk mengungsi ke posko-posko yang tersedia di kawasan dataran tinggi.

Beberapa warga Katingan, yang rumahnya terendam mengatakan, sementara ada yang mengungsi ke posko ada juga yang mengungai ke rumah keluarga di dataran lebih tinggi.

"Kami sementara mengungsi di tempat keluarga sementara saja hingga banjir surut," ujar Zahra, salah satu warga Kecamatan Sanaman Mantikai, Katingan, Minggu (18/7/2021).

Pelaksana tugas Kepala Pelaksana BPBPK Kalteng, Erlin Hardi, mengatakan, banjir terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi yang turun sehingga membuat banjir dua wilayah di Kabupaten Lamandau dan Katingan.

"Banjir di Lamandau terjadi di Desa Penopa, Desa Tanjung Beringin, Desa Karang Taba dan Desa Kawa merupakan wilayah rawan banjir," ujarnya seraya tidak ada korban jiwa dalam banjir tersebut.

Sementara itu, bantuan puluhan paket bahan makanan mulai mengalir berdatangan membantu korban banjir Lamandau yang diserahkan oleh Personel Polsek Lamandau, Polres Lamandau dan Polda Kalteng,

Bantuan sembako itu disalurkan kepada warga terdampak banjir di pinggiran Daerah Aliran Sungai (Das) Lamandau, Kelurahan Tapin Bini, Kecamatan Lamandau.

(tribunkalteng.com/faturahman)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved