Breaking News:

Berita Kalteng

Bupati Kapuas Tertibkan Edaran PBS di Kapuas Diminta Aktif Bantu Pencegahan Penyebaran Covid-19

Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kapuas diminta turut aktif dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungannya.

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Syaiful Akhyar
Pemkab Kapuas
Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat usai melakukan kunjungan kerja di wilayah Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas beberapa waktu lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kapuas diminta turut aktif dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan kerjanya.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat terbitkan Surat Edaran Nomor : 360/259/SATGAS-COVID/KPS.2021 tentang pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19 khususnya di lingkungan PBS wilayah Kabupaten Kapuas

Isi surat edaran itu memint kepada Pimpinan dan Manajemen Perusahaan untuk mengupayakan pencegahan penyebaran dan penanganan kasus Covid-19 di lingkungan kerja/areal perusahaan dengan beberapa upaya.

Pertama; Melakukan antisipasi penyebaran Covid-19 pada pekerja atau buruh dengan melakukan tindakan-tindakan pencegahan.

Baca juga: Polresta Palangkaraya Aktifkan Pos Penyekatan di Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya Kalteng

Baca juga: Telat Datang Tak Kebagian Vaksinasi, Seorang Warga Palangkaraya Amuk Rusak Alkes Petugas Vaksinator

Baca juga: Juru Parkir Beraksi Merampok, Pakai Parang Bacok Perempuan Pemilik Warung di Baamang Tengah Sampit

"Seperti perilaku hidup bersih dan sehat dengan mengintegrasikan dalam Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) dan optimalisasi fungsi pelayanan kesehatan kerja," pintanya melalui edaran yang dikeluarkan.

Kedua; Melakukan pengawasan terhadap aktifitas pekerja/buruh agar dalam pelaksanaan aktifitas selalu menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan 5M.

Yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun/handsanitizer, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Memperbanyak fasilitas tempat-tempat cuci tangan di areal perusahaan, serta melakukan disinfeksi dilingkungan perusahaan secara rutin dan terjadwal.

Ketiga, melakukan pengawasan terhadap mobilitas pekerja/buruh maupun orang yang berkunjung ke perusahaan, memastikan setiap orang yang masuk ke perusahaan dalam keadaan sehat dan tidak terindikasi gejala COVID-19.

Keempat; Bupati Kapuas meminta agar mengoptimalkan fungsi Fasilitas Pelayanan Kesehatan/Klinik yang ada di perusahaan untuk pencegahan dan penanganan Covid-19.

Bisa dengan menyiapkan fasilitas dan sarana serta prasarana yang memadai, tenaga kesehatan  dan sumberdaya manusia yang terlatih serta memberikan edukasi kepada para pekerja/buruh perusahaan.

Kelima; Menyediakan tempat karantina dan mengoptimalkan penggunaan fasilitas karantina perusahaan khususnya bagi pekerja/buruh yang menjalani karantina mandiri maupun isolasi mandiri yang terpapar Covid-19.

Keenam; Meminta agar Perusahaan Besar Swasta meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan Satgas Penanganan Covid-19. 

Koordinasi itu baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten terkait perkembangan kasus COVID-19 dilingkungan perusahaan, serta melaporkan setiap kasus konfirmasi yang terjadi di lingkungan perusahaan.

(tribunkalteng.com/Fadly SR)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved