Breaking News:

News

Korban Meninggal Efek Virus Corona di India Tembus 400.000 Orang, Amerika Serikat Lebih Banyak

India mencatatkan 400.000 angka kematian Covid-19 pada Jumat (2/7).India menjadi negara kedua yang paling terkena dampak setelah Amerika Serikat.

Editor: Nia Kurniawan
Banjarmasin Post/AP
Penanganan pasien di rumah sakit di New Delhi saat India diterjang tsunami covid-19 

TRIBUNKALTENG.COM, MUMBAI - Sejak pandemic Covid-19 melanda dunia tahun lalu, India telah mencatat 30,45 juta kasus.

India menjadi negara kedua yang paling terkena dampak setelah Amerika Serikat, yang memiliki 33 juta kasus.

India mencatatkan 400.000 angka kematian Covid-19 pada Jumat (2/7). Setengah jumlah kematian itu terjadi selama gelombang kedua dalam beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Hadapi Pandemi Covid-19 Tahap 3, Tentara India Dikerahkan

Baca juga: Waspada, Virus Corona India Sudah Masuk Jakarta

Sementara Amerika Serikat mencatat lebih dari 604.000 kematian dan sekitar 518.000 orang telah meninggal di Brasil.

India, negara terpadat kedua di dunia, mencatat 853 kematian dalam 24 jam terakhir, data kementerian kesehatan menunjukkan pada hari Jumat (2/7).

Itu membuatnya melewati angka 400.000, dengan 100.000 terakhir ditambahkan hanya dalam 39 hari, menurut penghitungan Reuters.

Tetapi para ahli kesehatan percaya bahwa India mungkin memiliki jumlah kematian yang belum terhitung secara signifikan dan jumlah sebenarnya bisa mencapai satu juta atau bahkan lebih tinggi.

Puluhan mayat hanyut di sepanjang sungai Gangga di India utara pada bulan Mei, ketika orang-orang berusaha mengurangi tingkat kematian dan kremasi di puncak gelombang kedua.

"Penghitungan kematian yang rendah adalah sesuatu yang telah terjadi di seluruh negara bagian, sebagian besar karena kelambatan dalam sistem, jadi itu berarti kita tidak akan pernah memiliki perkiraan yang benar tentang berapa banyak orang yang hilang dalam gelombang kedua ini," kata Dr Rijo M John, seorang profesor di Kolese Ilmu Sosial Rajagiri di kota selatan Kochi.

Bulan lalu, Bihar, salah satu negara bagian termiskin di India, merevisi total jumlah kematian akibat Covid-19 menjadi 9.429 dari 5.424, setelah ada perintah dari pengadilan setempat.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved