Breaking News:

Berita Palangkaraya

Tugu Soekarno, Ikon dan Saksi Sejarah Palangkaraya sebagai Ibu Kota Kalteng Kurang Terurus

Tragis, Tugu Soekarno, salah satu ikon sekaligus saksi sejarah Kota Palangkaraya sebagai ibu kota Kalteng, terlihat kurang terurus

Penulis: Fathurahman | Editor: Dwi Sudarlan
Tribun Kalteng/Faturahman
Ikon sekaligus saksi sejarah Palangkaraya sebagai ibu kota Kalteng terkesan kurang terurus karena belum jelas lembaga yang merawatnya 

TRIBUNKALTENG.COM - Tragis, Tugu Soekarno, salah satu ikon sekaligus saksi sejarah Kota Palangkaraya sebagai ibu kota Kalteng, terlihat kurang terurus.

Tugu Soekarno terletak di Jalan S Parman tepat di seberang Gedung DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng).

Di Tugu Soekarno inilah Presiden Soekarno meletakkan tiang pancang penetapan Kota Palangkaraya sebagai Ibu Kota Kalteng pada tahun 1957.

Meskipun di kawasan Tugu Soekarno sering digelar kegiatan oleh parpol, ormas lembaga pemerintah, hingga berbagai kalangan lainnya, belum ada kejelasan siapa yang bertanggung jawab atas pemeliharaan tugu.

Saat ini Tugu Sukarno tampak kurang terurus.

Karena tak ada yang bertanggung jawab dalam pemeliharaannya, rumput liar dibiarkan semakin panjang di kawasan tugu.

Cat monumen pun sudah usang.

Bersamaan Bulan Bung Karno, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalteng mengadakan kegiatan bakti sosial, Rabu (23/6/2021) kemarin melakukan pengecatan dan pembersihan rumput di kawasan Tugu Sukarno.

Belum jelasnya tanggung jawab pemeliharaan tugu tersebut menjadi perhartian anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing.

Kamis (24/6/2021), dia mempertanyakan tanggung jawab pemeliharaan Tugu Soekarno ke depan agar tidak dibiarkan begitu saja terbengkalai.

"Saya masih belum ada kejelasan apakah pemeliharaannya jadi tanggung jawab pihak Pemprov  Kalteng, atau Pemko  Palangkaraya. Saya akan telusuri soal itu. Saya sepakat harusnya ada lembaga yang memang bertanggung jawab untuk pemeliharaannya, agar tugu bersejarah tersebut tidak terbengkalai," ujar Ketua Komisi III DPRD Kalteng ini. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved