Breaking News:

Berita Palangkaraya

Cagar Budaya Huma Sei Gohong Bukit Batu Palangkaraya Mulai Disosialisasikan ke Masyarakat

Huma Sei Gohong di Kelurahan Sei Gohong Kecamatan Bukit Batu Palangkaraya ditetapkan sebagai cagar budaya dan mulai disosialisasikan ke masyarakat

Penulis: Fathurahman | Editor: Dwi Sudarlan
Cagar Budaya Huma Sei Gohong Bukit Batu Palangkaraya Mulai Disosialisasikan ke Masyarakat
Tribun Kalteng/Faturahman
epala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kota Palangka Raya, Ikhwanudin saat menjelaskan sosialisasi Cagar Budaya Huma Sei Gohong Bukti Batu Palangkaraya ke masyarakat

TRIBUNKALTENG.COM. PALANGKARAYA - Pemerintah Kota Palangkaraya melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga menetapkan Huma Sei Gohong di Kelurahan Sei Gohong Kecamatan Bukit Batu Palangkaraya sebagai cagar budaya.

Sebab itu, setelah ditetapkan sebagai cagar budaya, Huma Sei Gohong mulai disosialisasikan kepada warga Kota Palangkaraya terutama para tokoh masyarakat tokoh adat serta para ketua rukun tetangga, rukun warga dan para ahli waris cagar budaya tersebut.

Setidaknya dalam pelaksanaan sosialisasi yang dilakukan diikuti oleh 25 orang peserta yakni tokoh adat  Damang, Mantir Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Perwakilan Pemuda, Ahli waris, Ketua RT atau RW serta Masyarakat di wilayah Kelurahan Sei Gohong.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kota Palangka Raya, Ikhwanudin, Kamis (24/6/2021) mengatakan kegiatan sosialisasi cagar budaya bertujuan memberikan informasi dan pengetahuan tentang pengelolaan dan pelestarian cagar budaya kepada seluruh masyarakat.

Baca juga: Tugu Soekarno, Ikon dan Saksi Sejarah Palangkaraya sebagai Ibu Kota Kalteng Kurang Terurus

Baca juga: Wisata Kalteng, Kawasan Wisata Kuliner Jalan Yos Sudarso Dekat Hutan Milik Universitas Palangkaraya

Baca juga: Sesaat Lagi, Laga Copa America 2021 Brasil vs Kolombia, Live Indosiar dan Live Streaming TV Online

Dia berharap dengan dilakukan sosialisasi tersebut, diharapkan kedepannya cagar budaya Sei Gohong dapat bersama- sama semua pihak dalam menjaga, memelihara, dan melestarikan keberadaan cagar budaya tersebut, sebagai warisan yang harus dijaga dengan baik.

"Kita semua bersama-sama menjaganya," ujarnya.

Huma Tradisional Sei Gohong ditetapkan sebagai cagar budaya agar seluruh masyarakat, ahli waris dan pengelola cagar budaya perlu mengatur upaya pelestariannya, juga perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan cagar budaya secara tersebut dinamis serta terpadu.

"Tahun ini, kami melakukan upaya dalam pemeliharaan cagar budaya secara bertahap," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved