Breaking News:

Pandemi Covid 19

Benarkah Covid-19 Varian Delta Bisa Menular Saat Berpapasan? Ini Penjelasan Guru Besar Kedokteran

Benarkah Virus Covid-19 Varian Delta bisa menular saat berpapasan dengan orang positif covid-19? Begini penjelasan guru besar Fakultas Kedokteran UI

Editor: Dwi Sudarlan
shutterstock
Ilustrasi virus corona atau covid-19, saat ini ada varian Delta yang lebih cepat menular dan lebih mematikan bahkan marak beredar kabar virus varian baru itu bisa menular saat perpapaan dengan orang yang terkena covid-19. 

TRIBUNKALTENG.COM - Marak beredar Covid-19 varian Delta sangat cepat penularannya bahkan bisa menular saat berpapasan dengan orang yang positif covid-19, benarkah? Begini penjelasan guru besaf Fakultas Kedokteran UI Jakarta.

Varian Delta memang terbukti meningkatkan penularan covid-19.

Semisal di Inggris dilaporkan ada 42.323 kasus varian Delta, naik 70 persen dari minggu sebelumnya, atau naik 29.892 kasus hanya dalam waktu satu minggu.

“Public Health England (PHE)” juga melaporkan bahwa varian Delta ternyata 60 persen lebih mudah menular daripada varian Alfa.

Bahkan waktu penggandaannya (doubling time) nanya berkisar antara 4,5 sampai 11,5 hari.

Baca juga: Varian Delta Virus Corona Lebih Cepat Menular dan Tingkat Kematian Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Baca juga: Tekan Penyebaran Covid-19 di Palangkaraya, Satgas Rangkul Pengusaha Kuliner Pinggir Jalan

Kota Palangakaraya Jadi Model Percontohan Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Kalimantan Tengah

Masih berdasar data di Inggris,  menunjukkan bahwa secondary attack rates varian Delta lebih tinggi daripada varian Alfa.

Secondary attack rate varian Delta adalah 2.6 persen dan varian Alfa sebesar 1,6 persen pada mereka dengan riwayat bepergian, serta 8,2 persen pada varian Delta dan 12,4 persen pada varian Alfa pada kontak kasus yang tidak memiliki riwayat bepergian.

Data yang dikumpulkan WHO sampai 8 Juni 2021 menunjukkan soal meningkatnya angak kematian akibat covid sejak munculnya varian delta, masih belum terkonfirmasi tapi diakui memang ada laporan peningkatan masuk rawat inap di rumah sakit.

Bagaimana soal kabar varian delta bisa menular meski hanya berpapasan dengan ornag yang positif covid-10? 

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan hal tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved