Breaking News:

Berita Palangkaraya

Aplikasi QCIM Bikinan Polda Kalteng Mudahkan Masyarakat Membuat Laporan Pengaduan

Untuk memudahkan masyarakat membuat laporan pengaduan, Polda Kalteng membikin aplikasi QCIM yang berbasis android

Penulis: Fathurahman | Editor: Dwi Sudarlan
Tribun Kalteng/Faturahman
Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo, untuk memudahkan masyarakat membuat laporan pengaduan, Polda Kalteng membikin aplikasi QCIM berbasis android 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Untuk memudahkan masyarakat membuat laporan pengaduan, Polda Kalteng membikin aplikasi QCIM yang berbasis android.

Kepanjangan aplikasi QCIM yang berbasis android itu adalah Quell Crime Isen Mulang (QCIM).

Menurut Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, aplikasi QCIM dibuat untuk memudahkan masyarakat membuat laporan pengaduan serta membangun partisipasi masyarakat terkait dengan informasi keberadaan daftar pencarian orang (DPO).

Masyarakat diajak aktif dalam memberikan informasi terkait adanya indikasi tindak kejahatan kepada pihak kepolisian untuk mencegah terjadinya tindakan melanggar hukum.

Bahkan bisa juga melaporkan jika mengetahui keberadaan orang yang jadi buronan polisi atau masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Perkembangan teknologi dan informatika dimanfaatkan Polda Kaltang dalam menjawab tuntutan masyarakat terhadap peningkatan pelayanan dan kinerja pemerintah sehingga diperlukan inovasi atau terobosan strategis yang memanfaatakan teknologi informasi.

Karena itu Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, memandang perlu menggunakan aplikasi QCIM di wilayah hukum yang dipimpinnya, untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga aplikasi tersebut dikenalkan kepada masyarakat umum.

"Aplikasi ini, implementasi dari program prioritas Kapolri yang dikenal dengan presisi yang mengandung arti prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan khususnya program 23 yaitu proses penegakan hukum yang memenuhi rasa keadilan masyarakat serta menjawab harapan masyarakat Kalteng akan hadirnya layanan Polri yang mudah dan efisien khususnya di era pandemi Covid -19," ujarnya, Rabu (23/6/2021).

Kapolda Kalteng  berharap, kehadiran aplikasi QCIM bermanfaat bagi peningkatan kinerja Polda Kalteng dan jajarannya, sekaligus menunjukan kepada masyarakat tentang komitmen Polri yang serius dan tulus dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kalimantan Tengah. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved