Breaking News:

Berita Kalsel

Mahkamah Konstitusi Ketok Palu, Tolak Gugatan AnandaMu, Ibnu Sina Wali Kota Terpilih Banjarmasin

Majelis hakim Mahkamah Konstituasi mengukuhkan kemenangan pasangan Ibnu Sina-Ariffin Noor dalam Pilwakot atau pemilihan wali kota Banjarmasin

Editor: Dwi Sudarlan
Banjarmasin Post
Tangkapan layar pembacaan putusan sidang sengketa Pemilihan Wali Kota Banjarmasin, Kalsel, di Mahkamah Konstitusi, Kamis (27/5) 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Majelis hakim Mahkamah Konstituasi mengukuhkan kemenangan pasangan Ibnu Sina-Ariffin Noor dalam Pilwakot atau pemilihan wali kota Banjarmasin, Kalsel. 

Dalam amar putusannya, majelis hakim kontitusi menolak gugatan yang diajukan pasangan Ananda-Mushaffa Zakir alias AnandaMu

Sidang digelar sejak pagi secara virtual, Kamis (27/5/2021) bersamaan dengan perkara sengketa Pilkada di beberapa daerah lainnya dengan agenda pengambilan putusan.

Dan khusus untuk sengketa Pilwakot Banjarmasin 2020 dengan nomor perkara 144 PHP.KOT-XIX/2021, MK menolak permohonan dari pasangan AnandaMu.

Baca juga: Kabar Duka, Hayatun Fardah Istri Mantan Gubernur Kalsel Rudy Ariffin Meninggal Dunia

Baca juga: 5 Keunggulan Menakjubkan Jaringan 5G, Manjakan Penggemar Streaming dan Pencinta Game Online

Baca juga: Lalapan Pecel Lele Rp 37.000 Viral di TikTok, Ketua Pedagang Malioboro: Jangan Ngomong di Medsos

Sebaliknya majelis hakim menerima eksepsi dari KPU (Komisi Pemilihan Umum) Banjarmasin selaku termohon dan pasangan Ibnu Sina-Arifin Noor selaku pihak terkait.

Hal itu disampaikan oleh ketua Majelis Hakim Anwar Usman saat membacakan amar putusan.

"Mengadili dalam eksepsi, satu menyatakan eksepsi termohon dan pihak terkait berkenaan dengan kedudukan hukum pemohon beralasan menurut hukum, dua menyatakan pemohon tidak memiliki kedudukan hukum," ujar Anwar Usman.

Selanjutnya Anwar Usman membacakan pokok permohonan, yang menyatakan permohonan pasangan AnandaMu ditolak.

"Dalam pokok permohonan, satu menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima, dua menyatakan sah keputusan KPU Banjarmasin nomor 47/PL.02.6-Kpt/6371/KPU-Kot/V/2021 tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara pasca putusan MK nomor 21/PHP.KOT-XIX/2021 dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin 2020 bertanggal 2 Mei 2021," kata Anwar Usman.

Dengan adanya keputusan dari MK tersebut, maka paslon petahana H Ibnu Sina-Arifin Noor dinyatakan sah sebagai pasangan terpilih dalam Pilwakot Banjarmasin 2020.

“Memerintahkan termohon (KPU Banjarmasin) untuk menetapkan pasangan calon terpilih dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin tahun 2020,” kata Anwar Usman sambil mengetuk palu.

Baca juga: Hati-hati buat Cowok, Ini 5 Zodiak Cewek yang mudah Bikin Laki-laki Terpesona Lalu Klepek-klepek

Untuk diketahui, usai PSU (pemungutan suara ulang), secara total suara dukungan pasangan Sina-Arifin Noor unggul atas paslon lainnya.

Pasangan Ibnu Sina-Arifin Noor meraih total 89.378 suara, sedangkan pesaing terdekatnya, Ananda-Mushaffa Zakir mengantongi 81.262 suara atau berselisih 8.116 suara.

Di urutan ketiga ada pasangan Haris Makkie-Ilham Noor dengan 34.875 suara dan terakhir ditempati pasangan Khairul Saleh-Habib Muhammad Ali Al Habsyi yang mendapat 29.926 suara. (*)

Artikel ini telah tayang di BanjarmasinPost.co.id dengan judul Gugatan AnandaMu Rontok, MK Terima Eksepsi KPU dan Petahana Pilwali Banjarmasin

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved