Breaking News:

Liga 1 2021

PSSI Putuskan Liga 1 & Liga 2 2021 Tetap Gunakan Sistem Degradasi

PSSI telah memutuskan bahwa sistem degradasi dan promosi untuk Liga 1 2021 dan Liga 2 2021 tetap diberlakukan.

Ilustrasi - Gelandang Persib Bandung Hariono berduel dengan Bruno Matos dari Persija Jakarta dalam laga lanjutan Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (10/7/2019). Laga tersebut berakhir imbang dengan skor 1-1. (Warta Kota/Feri Setiawan) 

TRIBUNKALTENG.COM - Wacana tak adanya degradasi pada gelaran Liga 1 2021 akhirnya tak terjadi.

PSSI telah memutuskan bahwa sistem degradasi dan promosi untuk Liga 1 2021 dan Liga 2 2021 tetap diberlakukan.

Keputusan itu diambil setelah Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berdiskusi dengan (Komite Eksekutif) Exco PSSI dalam rapat Emergency Exco Meeting, Selasa (25/5).

PSSI disebut juga sudah berkonsultasi dengan FIFA dan AFC.

“Dalam diskusi dengan semua Exco PSSI, akhirnya kami (PSSI) memutuskan Liga 1 dan 2 musim kompetisi 2021-2022 tetap ada promosi dan degradasi,” ujar Iriawan dilansir dari laman resmi PSSI.

Sebelumnya memang ada dinamika di mana beberapa klub Liga 1 dan 2 meminta musim 2021-2022 tidak ada degradasi.

Beberapa klub itu memandang pandemi Covid-19 yang belum selesai menjadi salah satu alasannya. Permintaan ini kemudian dibahas dalam Meeting Exco PSSI pada Senin (3/5).

Setelah diputuskan, Ketua Umum PSSI kemudian meminta Sekjen Yunus Nusi untuk berkirim surat kepada seluruh klub peserta Liga 1 dan 2 soal keputusan PSSI ini.

“Sekjen telah saya perintahkan untuk membalas surat-surat permohonan dari klub-klub Liga 1 dan 2 yang berisi permohonan kompetisi tanpa degradasi, dengan isi surat menjelaskan hasil diskusi ketat Exco PSSI dan konsultasi dengan FIFA / AFC. Keputusan PSSI ini sudah final,” tukas pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut.

Sebelumnya, PSSI sempat mengklaim sebanyak 13 dari 18 klub Liga 1 yang memohon agar kompetisi musim ini digelar tanpa degradasi karena alasan ekonomi.

Saat berbincang dengan BolaSport.com, anggota Exco PSSI, Yoyok Sukawi mengatakan bahwa rencana penghapusan degradasi itu hanya berlaku untuk musim ini, tapi tidak dengan format promosi.

Dengan aturan itu maka akan ada dua tiket untuk naik kasta bagi kontestan Liga 2, sehingga dengan formula itu maka musim depan akan menjadi 20 tim.

(Tribun Kalteng)

Editor: Rahmadhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved