Breaking News:

Berita Kalteng

BMKG Prediksi Sekitar Juni-Juli Kalteng Masuki Kemarau, Warga Kalteng Diingatkan Waspada Karhutla

BMKG Kalteng prediksi Kalteng memasuki musim kemarau pada Juni- Juli 2021 mendatang, masyarakat diimbau waspadai potensi kebakaran hutan dan lahan

Penulis: Fathurahman
Editor: Syaiful Akhyar
tribunkalteng.com/Fathurahman
Diperkirakan Juni dan Juli 2021 mendatang Kalteng masuk musim kemarau, sehingga warga diminta waspada. Kabut asap menyelimuti Sungai Mentaya Kalteng pagi hari, Senin (24/5/2021) 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - BMKG Kalteng prediksi Kalteng memasuki musim kemarau pada Juni- Juli 2021 mendatang, masyarakat diimbau waspadai potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla)

Saat ini Kalteng memasuki masa pancaroba antara musim penghujan menuju musim kemarau.

Selama ini, cuaca ektrem juga kerap melanda Bumi Tambun Bungai sehingga warga diminta waspada terhadap ancaman penyakit.

BPBD Kota Palangkaraya, mengingatkan masyarakat kota setempat untuk tetap waspada dengan kondisi cuaca yang masih bersifat ektrem saat ini karena selain rawan penyakit juga rawan bencana.

Baca juga: Fenomena Gerhana Bulan atau Super Blood Moon Akan Kembali Muncul 2 Hari Lagi

Baca juga: Pemkab Kotim Hibahkan Lahan untuk Pembangunan Kantor dan Gudang Operasional KPU Kotim

Baca juga: Satgas Covid-19 Palangkaraya Awasi Kepatuhan Protokol Kesehatan Acara Perkawinan

“Hingga saat ini cuaca terpantau tidak menentu. Terkadang hujan dengan intensitas tinggi. Tentu, harus waspada. Kondisi cuaca bersifat ekstrem rawan bencana,"ujar, Kepala BPBD Kota Palangkaraya Emi Abriyani.

Emi mengungkapkan, Informasi dari BMKG untuk kondisi cuaca di Kota Palangkaraya tergolong musim peralihan atau pancaroba. Terkadang panas terik, tapi bisa mendadak hujan yang ektrem.

"Cuaca ektrem seperti hujan badai dengan intensitas tinggi masih berpotensi terjadi,”ujarnya.

Menjelang musim kemarau yang masuk pada Juni-Juli 2021 mendatang, masyarakat diimbau untuk mengantisipasi terjadinya karhutla yang sangat rawan terjadi di Palangkaraya.

"Semua kita diharapkan peduli dengan lingkungan," imbaunya.

(tribunkalteng.com / faturahman)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved