Breaking News:

Berita Nasional

Trio Anies, Prabowo, Ganjar Masih Tetap Terkuat Sebagai Capres Versi Survei

Tiga tokoh ini tetap menjadi sosok terkuat sebagai capres (calon presiden) berdasar hasil beberapa survei

Editor: Dwi Sudarlan
Kompas TV
Trio Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo tetap terkuat sebagai capres versi survei 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Tiga tokoh ini tetap menjadi sosok terkuat sebagai capres (calon presiden) berdasar hasil beberapa survei.

Trio tokoh tersebut adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kali ini, survei yang dilakukan Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) juga menempatkan ketiganya sebagai sosok terkuat capres pada pemilu 2024 mendatang. 

Dalam survei tersebut ditanyakan kepada responden: Jika pemilihan presiden dilakukan pada hari ini, siapa yang akan dipilih sebagai presiden? 

Baca juga: Detik-detik Pria Bersenjata Berusaha Serang Imam Masjidil Haram Saat Khotbah Sholat Jumat

Baca juga: Kumpulan Nama Islami dan Nuansa Arab untuk Bayi Laki-laki, Punya Arti Positif

Baca juga: Daftar Wilayah Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021: Warga Palangkaraya dan Banjarmasin Bisa Lihat Jelas

"Jika pemilihan presiden dilakukan saat ini dari nama-nama berikut siapakah yang akan Anda pilih menjadi presiden Republik Indonesia? Hasilnya yang pertama ada Anies Baswedan 17,01 persen," kata Peneliti Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) Bagis Balghi dalam diskusi daring, Sabtu (22/5/2021).

Setelah Anies, kandidat yang paling banyak dipilih adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 14,31 persen, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 11,25 persen, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 6,87 persen.

Selanjutnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 5,86 persen, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 5,55 persen, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini 3,97 persen.

Kemudian, menteri koordinator perekonomian Airlangga Hartarto 3,83 persen, Ketua DPR Puan Maharani 2,48 pesen, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 0,66 persen. 

Sisanya, elektabilitasnya di bawah 0,50 persen yaitu Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua PBNU Said Aqil Siroj, Mendagri Tito Karnavian, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Menurut Bagis, alasan responden memilih kandidat tersebut lantaran sosok tersebut dinilai telah memberikan kerja nyata. Selain itu, mereka dinilai sebagai tokoh yang jujur dan berpengalaman.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved