Breaking News:

Banjir di Kapuas

Banjir di Kapuas, Berikut Data Sementara Banjir di Enam Kecamatan Wilayah Hulu Kapuas Kalteng

Data diterima Pusdalops-PB BPBD Kapuas untuk banjir enam kecamatan wilayah Hulu Kapuas, sebanyak 3807 rumah tergenang dan 5.409 KK terdampak banjir.

BPBD Kapuas
Banjir melanda enam kecamatan di wilayah hulu Kabupaten Kapuas Kalteng. 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Data diterima dari Pusdalops-PB BPBD Kapuas untuk banjir enam kecamatan wilayah Hulu Kapuas, sebanyak 3807 rumah tergenang dan 5.409 KK terdampak banjir.

Berikut data rinci sementara yang diterima dari BPBD Kabupaten Kapuas, Jumat (21/5/2021) sore, terkait update terkini kondisi di lapangan per siang tadi.

Dimana data ini bersifat dinamis dan bisa cepat berubah sesuai kondisi di lapangan.

Rinciannya, di Kecamatan Kapuas Tengah, ada 2.442 unit rumah terendam. Diantaranya Desa Pujon (1.235 rumah), Bajuh (222 rumah), Tapen (214 rumah) Kayu Bulan (251 rumah).

Baca juga: Detik-detik Pria Bersenjata Berusaha Serang Imam Masjidil Haram Saat Khotbah Sholat Jumat

Baca juga: Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021, Fenomena Super Blood Moon Bertepatan Hari Raya Waisak 2565

Baca juga: Kumpulan Doa dan Dzikir Setelah Sholat Dhuha untuk Buka Pintu Tobat, Hapus Dosa dan Rezeki Lancar

Kemudian, Marapit (298 rumah), Desa Kota Baru (127), Karukus (25 rumah) dan Desa Manis (70 rumah). Kecamatan Mandau Talawang 80 rumah terendam dan satu rumah ibadahdi Desa Jakatan Masaha.

Kemudian, di Kecamatan Pasak Talawang ada 1189 rumah terendam. Diantaranya di Desa Dandang (156), Balai Banjang (4), Jangkang (335), Kaburan (132), Batu Sambung (57).

Kemudian Hurung Kampin (50), Sei Ringin (177), Tumbang Tukun (150), Tumbang Nusa (43) dan Tumbang Diring (85). Lanjut di Kecamatan Kapuas Hulu ada 75 unit rumah terendam, tepatnya di Desa Supang.

Sementara Timpah masih didata dan di Kecamatan Mantangai wilayah hulu, ada 21 rumah terendam, tepatnya di Desa Bukit Batu.

"Ya, berdasarkan data yang kami himpun dari enam kecamatan, warga yang terdampak banjir ada 5.409 KK hingga siang tadi dan data ini dinamis," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga, Jumat (21/5/2021) sore.

Dilanjutkannya, pihaknya pun terus meminta camat dan kepada desa mendata secara masif terkait banjir di wilayah hulu tersebut.

"Untuk rumah yang terendam sebanyak 3807 unit rumah di enam kecamatan, ini data per siang tadi," ujarnya.

Selain itu banjir juga merendam fasilitas umum. Ketinggian air bervariasi 50 hingga 70 centimeter.

"Kami terus intens koordinasi dengan petugas di lapangan, camat, kepala desa dan lainnya guna pendataan di lapangan," tandasnya.

Enam kecamatan yang terdampak banjir itu, diantaranya Kecamatan Kapuas Tengah, Mandau Talawang, Pasak Talawang, Kapuas Hulu, Timpah dan wilayah Desa Bukit Batu, Kecamatan Mantangai.

(tribunkalteng.com/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Syaiful Akhyar
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved