Breaking News:

Wabah Corona di Kalteng

Varian Baru B1617 Asal India Bisa Dideteksi PCR, Warga Diimbau Tidak Perlu Khawatir Berlebihan

Ditemukannya kasus Covid-19 varian baru B1617 di Kalteng, membuat masyarakat khawatir virus asal India ini terus menyebar di Bumi Tambun Bungai.

tribunkalteng.com/dok
Kadiskes Kalteng, Suyuti Syamsul. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Ditemukannya kasus Covid-19 varian baru B1617 pada tiga warga Kalteng, membuat masyarakat khawatir virus asal India ini terus menyebar di Bumi Tambun Bungai.

Kekhawatiran karena varian baru Virus Corona B1617 menyebarnya lebih cepat dan langsung menghantam ke paru-paru sehingga keganasannya lebih parah dari virus Corona sebelumnya.

"Sebagai warga kami tetap saja waswas karena kita tidak tahu apakah hanya tiga orang saja yang tertular atau lebih dari itu," ujar Abdul Rasid warga Jalan Iskandar Sampit, Jumat (21/5/2021).

Menanggapi adanya kekhawatiran masyarakat Kalteng, terkait penyebaran virus corona varian baru B1617 asal India ini, Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Suyuti Syamsul, mengimbau tak perlu khawatir berlebihan.

Dia meminta, meskipun virus B1617 sudah ada menjangkiti warga Kalteng, tetapi untuk mencegahnya tetap dengan mentaati protokol kesehatan mulai memakai masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan.

Suyuti juga menegaskan, bahwa pihaknya akan terus melakukan tracing terkait warga yang tertular dan virus varian baru tersebut karena masih bisa dideteksi melalui alat PCR yang ada.

"Varian baru B1617 dari India masih dapat dideteksi oleh PCR yang ada. Ketiga sampel positif varian B1617 yang berasal dari Kalteng, diambil dari pasien yang terkonfirmasi positif dari hasil pemeriksaan PCR," ujarnya mensosialisasikan lewat akun facebooknya. 

(tribunkalteng.com / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Syaiful Akhyar
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved