Doa dan Amalan

Tata Cara, Niat dan Doa Sholat Istikharah, Obat Hati Orang yang Galau Menentukan Pilihan

Berikut tata cara, niat dan doa Sholat Istikharah yang menjadi obat hati bagi orang yang galau menentukan pilihan

Editor: Dwi Sudarlan
ummi-online.com
Ilustrasi Sholat Istikharah 

TRIBUNKALTENG.COM -  Berikut tata cara, niat dan doa Sholat Istikharah yang menjadi obat hati bagi orang yang galau menentukan pilihan.

Sholat istikharah merupakan sholat dua rakaat untuk memohon kepada Allah tentang ketentuan pilihan yang lebih baik di antara dua hal yang belum dapat ditentukan baik buruknya.

Yakni apabila seseorang berhajat dan bercita-cita akan mengerjakan sesuatu maksud, sedang ragu-ragu dalam pekerjaan, termasuk memutuskan calon pasangan berumah tangga. 

Maka untuk memilih salah satu dari dua hal, diteruskan atau tidak, disunahkan untuk melakukan sholat dua rakaat.

Baca juga: Viral Video Imam Masjid Ditampar Pria Misterius Saat Memimpin Sholat Subuh Berjemaah

Baca juga: 2 Doa Utama Rasulullah SAW pada 10 Hari Terakhir Ramadhan dan Malam Lailatul Qadar

Baca juga: Kumpulan Doa Agar Keluarga Harmonis, Punya Anak, Mudah Rezeki dan Pasangan Berhati Lembut

Sholat istikharah waktu pelaksanaannya lebih utama jika dikerjakan seperti sholat tahajud, yakni di malam hari.

Sesudah selesai shalat dengan sempurna kemudian terus berdoa dengan doa istikharah dan sesudah berdoa hendaklah memilih dalam hati, mana yang cenderung hati antara dua hal itu, berikut bacaan doanya:

“Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub.

Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (menyebutkan persoalannya) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi.

Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih.”

Artinya:

"Ya Allah hamba memohon agar Tuhan memilihkan mana yang baik menurut Engkau ya Allah. Dan hamba memohon Tuhan memberikan kepastian dengan ketentuan-Mu dan hamba memohon dengan kemurahan Tuhan yang Besar Agung. Karena sesungguhnya Tuhan yang berkuasa, sedang hamba tidak tahu dan Tuhanlah yang amat mengetahui segala sesuatu yang masih tersembunyi.

Ya Allah, jika Tuhan mengetahui bahwa persoalan ini baik bagi hamba, dalam agama hamba dan dalam penghidupan hamba, dan baik pula akibatnya bagi hamba, maka berikanlah perkara ini kepada hamba dan mudahkanlah ia bagi hamba, kemudian berilah keberkahan bagi hamba didalamnya.

Ya Allah, jika Tuhan mengetahui bahwa sesungguhnya hal ini tidak baik bagi hamba, bagi agama hamba dan penghidupan hamba, dan tidak baik akibatnya bagi hamba, maka jauhkanlah hal ini dari pada hamba, dan jauhkanlah hamba dari padanya. Dan berilah kebaikan dimana saja hamba berada, kemudian jadikanlah hamba orang yang rela atas anugerah-Mu."

Waktu menyebutkan hal yang dimaksud dalam doa tersebut di atas, hendaklah disebutkan persoalan yang sedamh dihadapi.

Baca juga: Amalan Sholawat Kamilat untuk Menghilangkan Kesengsaraan dan Mendapat Kemudahan Hidup

Halaman
12
Sumber: Tribun Sumsel
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved