Breaking News:

Berita Nasional

Jabatan Baru untuk Nadiem Makarim dan Bahlil Lahadalia, Mensesneg Pratikno: Ini Bukan Reshuffle

Nadiem yang sebelumnya Mendikbud menjadi Mendikbud Ristek, sementara Bahlil yang dulunya Ketua BPKM menjadi Menteri Investasi/Kepala BKPM

Editor: Dwi Sudarlan
Istimewa
Ilustrasi Presiden Jokowi dan kabinetnya 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jabatan Nadiem Makarim dan Bahlil Lahadalia bertambah. Nadiem yang sebelumnya Mendikbud menjadi Mendikbud Ristek, sementara Bahlil yang dulunya Ketua BPKM menjadi Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan melantik menteri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) dan Menteri Investasi merangkap Kepala BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) di Istana Negara pada Rabu (28/4/2021) sore ini.

Dua menteri itu merupakan wajah-wajah lama di Kabinet Indonesia Maju.

Kedua yakni Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta Riset dan Teknologi, Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi merangkap Kepala BKPM.

Baca juga: Segini Harga Kapal Selam, Ustaz Abdul Somad Serukan Aksi Galang Dana Beli Pengganti KRI Nanggala-402

Baca juga: HRS Kirim Doa untuk Munarman yang Ditangkap Densus 88: Semoga Dilindungi dari Makar Jahat

Baca juga: Mengenal Bapak THR Indonesia Soekiman Wirjosandjojo, Semula Tunjangan Hari Raya Hanya Untuk PNS

Pelantikan tersebut dilaksanakan bukan sebagai bentuk reshuffle kabinet, melainkan perubahan nomenklatur saja.

Sementara untuk jabatan Menristekdikti/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang sebelumnya dipegang oleh Bambang Brodjonegoro akan digantikan oleh Tri Handoko yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Bambang Brodjonegoro sendiri sebelumnya memutuskan untuk mengundurkan diri.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno membenarkan mengenai rencana pelantikan menteri di Istana Negara sore ini.

”Ya, besok direncanakan Bahlil dan Nadiem dilantik lagi. Namun, Pak Bambang mengundurkan diri sebagai Menristek/Kepala BRIN. Presiden menunjuk Pak Handoko yang kini kepala LIPI,” ujarnya.

Menurut Pratikno, pelantikan menteri sore ini bukanlah resuffle kabinet seperti yang selama ini banyak beredar di tengah masyarakat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved