Breaking News:

Karhutla Kalteng 2021

Karhutla Kalteng 2021, Polda Kalteng Siagakan Personel dan Perlengkapan Hadapi Ancaman Kemarau

Polda Kalteng siagakan personel dan perlengkapannya hadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) musim kemarau di wilayah Kalimantan Tengah.

tribu
Personel Polda Kalteng siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Polda Kalteng siagakan personel dan perlengkapannya hadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) musim kemarau di wilayah Kalimantan Tengah.

Apel siaga karhutla, sudah beberapa kali digelar Polda Kalteng untuk memastikan kesiapan personel dan seluruh peralatan hadapi ancaman karhutla di Bumi Tambun Bungai.

Kabid Humas Polda Kalteng, Kombes Pol Kismanto Eko Saputro, Minggu (25/4/2021)  menegaskan, pihaknya sudah mempersiapkan peralatan dan personel hadapi musim kemarau yang sudah terasa beberapa minggu ini.

Untuk penanganan karhutla, selain menggunakan peralatan dasar, Polda Kalteng juga didukung teknologi IT dalam memonitor adanya karhutla di wilayah.

Baca juga: Doa Menyambut Nuzulul Quran 2021, Dibaca Jelang 17 Ramadhan 1442 H

Baca juga: Pembangunan Jembatan Layang Bukitrawi Kabupaten Pulangpisau Kalteng Dituntaskan pada 2022

Baca juga: Ada Sanksi dan Picu Karhutla, Warga Kalteng Dilarang Bersihkan Lahan dengan Cara Membakar

"Baik personel dan sarpras kita sudah siap. Sekarang bagaimana menyadarkan masyarakat untuk tidak membakar lahan," ujarnya.

Kismanto meminta, masyarakat agar bijak dalam mengelola lahan selama musim kemarau ini, karena suhu panas yang terjadi saat ini sangat rentan terjadi kebakaran lahan dan hutan.

"Tentunya ada cara yang lebih arif dan tepat dalam membuka lahan. Tidak harus dengan cara dibakar,' imbaunya. 

Kapolda Kalteng telah mengeluarkan maklumat sanksi pidana bagi para pelaku karhutla, baik secara individu maupun korporasi yang terus disosialisasikan personel bhabinkamtibmas di lapangan.

(tribunkalteng.com/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Syaiful Akhyar
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved