Breaking News:

Ramadhan 2021

Selama Ramadan 2021, Kenali Asupan Nutrisi dan Gizi yang Dibutuhkan Ibu Hamil Saat Berpuasa

Di bulan Ramadan 2021, selain itu dipastikan kondisi ibu dan janin dalam keadaan sehat serta tidak dalam kondisi wajib minum obat.

Shutterstock
Ilustrasi ibu hamil. 

TRIBUNKALTENG.COM - Ibu yang sedang hamil diperbolehkan untuk berpuasa Ramadan 2021 sepanjang telah berkonsultasi dengan dokter terkait.

Di bulan Ramadan 2021, selain itu dipastikan kondisi ibu dan janin dalam keadaan sehat serta tidak dalam kondisi wajib minum obat.

Namun menurut dr Bambang Triono, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu jika ingin tetap menjalankan ibadah puasa Ramadan 2021.

Walaupun sedang berpuasa Ramadan 2021, ibu harus mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Lengkap Oppo A74 5G, Ekslusif di Shopee Big Ramadhan Sale

Baca juga: Ngaku Jadi Korban KDRT, Nindy Ayunda Sebut Psikisnya Terganggu

Tujuannya agar ibu tidak kekurangan zat yang dibutuhkan oleh janin untuk menyokong pertumbuhan sang bayi. Setidaknya, dalam sehari ibu hamil membutuhkan 2.500 kalori.

Dari 2.500 kalori tersebut terdiri dari 50 persen merupakan karbohidrat yang bisa didapatkan dari nasi, kentang, roti dan berbagai umbi-umbian.

Kebutuhan 50 persen karbohidrat tersebut harus terpenuhi agar janin dapat berkembang secara baik.

Selain itu, ada nutrisi lain yang harus terpenuhi yaitu 30 persen adalah protein.

Protein sendiri terbagi menjadi dua yaitu hewani dan nabati.

Untuk protein hewani disarankan yang tidak mengandung lemak tinggi. Seperti ikan, telur, ayam dan daging. Sedangkan protein nabati bisa memilih tahu dan tempe.

"Jangan menyepelekan tahu dan tempe. Kedua makanan tersebut mengandung protein nabati yang sangat baik," kata dr Bambang Triono dalam acara Tribun Ramadan, Jumat (23/4/2021).

Sisanya, ibu harus mengonsumsi lemak sebanyak 20 persen. Namun, lemak yang disarankan bukan seperti kulit ayam, lemak sapi atau gajih.

Dianjurkan mencukupi kebutuhan lemak dari kacang-kacangan karena mengandung lemak yang bagus.

Baca juga: Beredar Surat Persetujuan Nikah Ustaz Abdul Somad, Calon Istri UAS dari Jombang, Lebih Muda 24 Tahun

Di sisi lain, yang paling utama bagi ibu hamil adalah melakukan sahur. Tentunya dengan mengonsumsi makanan yang telah disampaikan sebelumnya. Mengandung nutrisi dan gizi yang cukup.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kenali Asupan Nutrisi dan Gizi yang Dibutuhkan Ibu Hamil Saat Berpuasa.

Editor: Nia Kurniawan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved