Breaking News:

Berita Kalteng

Bank Indonesia Perwakilan Kalteng Siapkan 56 Titik Penukaran Uang Rupiah Jelang Idulfitri 1442 H

Bank Indonesia Kalimantan Tengah membuka layanan tukar uang rupiah selama Ramadan dan Idulfitri 1442 H pada 56 titik kantor bank se-Kalimantan Tengah.

Penulis: Fathurahman | Editor: Syaiful Akhyar
tribunkalteng.com/Fathurahman
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah, Rihando 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kalimantan Tengah, bersinergi dengan perbankan setempat menyelenggarakan layanan penukaran uang rupiah.

Layanan tukar uang rupiah selama Ramadan dan Idulfitri 1442 H pada 56 titik kantor bank se-Kalimantan Tengah dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. 

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalteng bahkan menyiapkan uang tunai sebesar Rp3,35 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kalteng selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H ini.

Jumlah tersebut, meningkat sebesar 1,23 persen (yoy) dibandingkan dengan tahun lalu sebesar Rp3,31 triliun.

Baca juga: Pindah Lokasi Beralih ke Taman Kota, Pasar Ramadan Sampit Tak Seramai Dulu, Ketat Protokol Kesehatan

Baca juga: Ini 3 Waktu Mustajab Berdoa dan 7 Amalan Sunnah Saat Puasa Ramadhan, Jangan Sia-siakan

Baca juga: Tips dan Strategi Ampuh Bisa Khatam 30 Juz Al Quran Selama 30 Hari Ramadhan 1442 H

Hal tersebut memperhitungkan perencanaan kebutuhan perbankan, kebutuhan stimulus pemerintah kepada masyarakat terdampak Pandemi Covid-19.

Terlebih juga kebutuhan uang tunai masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 1442 H yang bisanya sangat memerlukan uang rupiah pecahan.

"KPwBI Kalteng bersinergi dengan perbankan menyelenggarakan kegiatan layanan penukaran uang rupiah selama Ramadan dan Idulfitri 1442 H di 56 titik kantor bank di seluruh Provinsi Kalimantan Tengah," ujar Rihando, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah, Selasa (20/4/2021).

Dia mengungkapkan, sinergi juga dilakukan untuk menjaga ketersediaan uang rupiah yang layak edar dan dalam jumlah yang cukup di mesin tarik uang (ATM) dan mesin setor tarik (Cash Recycling Machine) di Provinsi Kalteng.

"Selain itu, untuk mendukung kemeriahan Ramadan dan Idulfitri 1442 H KPwBI Kalteng membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (UPK 75 Tahun RI) melalui penukaran di kantor BI dan jaringan kantor bank," ujarnya.

UPK 75 Tahun RI tersebut dapat digunakan untuk bertransaksi sekaligus sebagai suvernir dalam menyambut Ramadan dan Idulfitri 1442 H.

Masyarakat yang ingin menukar dapat melakukan pemesanan penukaran melalui aplikasi penukaran PINTAR (https://pintar.bi.go.id), menggunakan 1 KTP untuk menukarkan maksimal sebanyak 100 (lembar) UPK 75 Tahun RI setiap harinya dan dapat diulang pada hari berikutnya. 

(tribunkalteng.com / faturahman)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved