Breaking News:

Berita Kalteng

Disdik Kapuas Liburkan Kegiatan Sekolah Selama Ramadan, Gantinya Belajar Mandiri Pakai Kartu Kendali

Selama Ramadan 1442 H proses belajar dan mengajar di Kabupaten Kapuas, baik Belajar dari Rumah (BDR) maupun Pembelajaran Tatap Muka (PTM) diliburkan.

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Syaiful Akhyar
Disdik Kapuas
Kepala Disdik Kapuas H Suwarno Muriyat saat meninjau pelaksanaan ujian di SMPN 1 Kapuaskuala beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Selama Ramadan 1442 H proses belajar dan mengajar di Kabupaten Kapuas, baik Belajar dari Rumah (BDR) maupun Pembelajaran Tatap Muka (PTM) diliburkan.

Sebagai gantinya Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kapuas mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 420/33/Disdik/PSMP/Tahun 2021 tanggal 13 April 2021.

Bahwa peserta didik yang beragama Islam secara mandiri melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan dengan mempedomani Kartu Kendali.

Sebagaiman disampaikan Kadisdik Kapuas, H Suwarno Muriyat, Jumat (16/4/2021).

Baca juga: Masuk Wilayah Kalteng Wajib Bawa Suket Negatif Rapid Tes Antigen, Berlaku Mulai 15 April 2021

Baca juga: Putra Dayak Kalteng Juara Tinju WBC Internasional, Hamson Lamandau Disambut Spesial Kapolda Kalteng

Baca juga: Keutamaan Dahsyat Baca Sholawat Nariyah, Mudah Rezeki, Diangkat Derajatnya Hingga Mudah Semua Urusan

"Kartu kendali sebagai lampiran dari SE itu berisi berbagai pedoman dalam menjalankan ibadah puasa. Terdapat pula kolom kegiatan harian mulai dari melaksanakan sholat lima waktu, sholat sunah, puasa, tadarus Al Qur’an maupun amaliah lainnya," terangnya.

Dirinya pun mengungkapkan telah memberikan arahan kepada Guru Pendidikan Agama Islam melalui Korwil dan Kepsek agar kartu kendali itu diisi dengan kegiatan yang riil dilaksanakan.

"Aspek kejujuran menjadi hal utama dalam pengisian Kartu Kendali itu serta catatan penting dari peserta didik menjalankan protokol Kesehatan, sebagai adaptasi kebiasaan baru dimasa pandemi Covid-19. Bagi peserta didik yang beragama lain agar menyesuaikan dengan ajaran dan ibadah masing-masing," tegas H Suwarno Muriyat.

Pria yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kapuas, menambahkan bahwa Kartu Kendali nantinya akan diserahkan kembali oleh peserta didik kepada gurunya setelah libur hari besar keagamaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

"Saya mengajak kepada semua peserta didik dan pendidik agar selama bulan suci Ramadan 1442 H senantiasa menjalankan ibadah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT," ujarnya.

Juga, lanjutnya, patuh pada anjuran pemerintah yakni protokol kesehatan, menerapkan 5M dalam berbagai aktifitas.

"Menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumuman dan mengurangi mobilitas bahkan menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh," pinta H Suwarno Muriyat.

(tribunkalteng.com/Fadly SR)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved