Berita Palangkaraya

Jengkel Motor Disita Leasing, Laki-laki Ini Sebarkan Hoaks Begal Bersenjata Pistol dan Celurit

Karena jengkel sepeda motornya disita pihak leasing, dia menyebarkan berita bohong atau hoaks adanya begal bersenjata pistol dan celurit

Penulis: Fathurahman | Editor: Dwi Sudarlan
Polda Kalteng/Banjarmasin Post
Penyebar hoaks begal bersenjata di Palangkaraya ditangkap Polda Kalteng 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Ulah laki-laki ini menjengkelkan dan membikin resah masyarakat, karena jengkel sepeda motornya disita pihak leasing, dia menyebarkan berita bohong atau hoaks adanya begal bersenjata pistol dan celurit.

Hoaks yang cepat beredar itu membuat masyarakat resah dan takut

Apalagi, sebelumnya juga beredar video hoax di medsos yang menyebut adanya aksi pemalakan di Jalan Trans Kalimantan arah Sampit-Palangkaraya kilometer 83 Desa Bukitraya Kecamatan Cempaga Kotawaringin Timur.

Untung saja polisi cepat bergerak dan mengamankan seorang warga Palangkaraya pembuat informasi hoax di medsos tentang begal pakai pistol.

Informasi yang viral di media sosial itu menyebutkan ada begal sepeda motor di Jalan Cendrawasih dekat Jalan Garuda Palangkaraya yang membawa pistol dan celurit.

Informasi itu langsung ditindaklanjuti oleh Tim Cyber Bidang Humas Polda Kalteng, karena meresahkan warga Palangkaraya.

Aksi begal, belakangan sempat beberapa kali terjadi di Palangkaraya dan meresahkan warga Kota Cantik.

Pelaku begal bukan hanya ingin mengambil barang milik korban tetapi membuat korban celaka.

Ketika ada informasi begal, warga langsung waspada saat bepergian keluar rumah.

"Saya kira informasi itu beneran, saya sempat takut, keluar rumah, terutama malam hari, karena begal di Palangkaraya ini, sadis," ujar Putrianiningsih, warga Jalan Riau Kelurahan, Pahandut Kecamatan Pahandut Palangkaraya, Rabu (14/4/2021).

Baca juga: Polres Kotim Telusuri Senjata Api Rakitan Kelompok Pencuri Sarang Burung Walet

Baca juga: Kisah Fahrul Buka Jasa Membangunkan Saat Sahur, Melayani Seluruh Indonesia, Gratis Plus Doorprize

Baca juga: Ancaman Kapolri untuk Polisi Terjerat Narkoba: Kalau Tidak Bisa Dibina, Ya Sudah Binasakan Saja

Kabid Humas Polda Kalteng, Kombes Pol K. Eko Saputro, Rabu (14/4/2021) menegaskan, pihaknya telah menyelidiki dan mencari penyebar informasi tersebut, yang kini sudah diamankan.

Ternyata sepeda motor tersebut tidak dibegal, melainkan diambil leasing atau lembaga pembiayaan, karena yang punya sepeda motor menunggak satu tahun tidak bayar cicilan.

Mendapat informasi begal di media sosial tersebut, pihaknya langsung bergerak mencari kebenarannya, karena Polda Kalteng tidak ada menerima laporan resmi masyarakat tentang aksi begal menggunakan pistol dan celurit.

"Informasi viral tersebut segera kami tindaklanjuti karena sudah membuat kegaduhan dan keresahan di masyarakat. Hasilnya tadi malam, Selasa (13/4/2021) berhasil mengamankan Indra Gunawan (28) pelaku pembuat dan penyebar hoaks begal tersebut," ujar Kabidhumas.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved