Breaking News:

Berita Kalteng

Dinas Perikanan Kapuas Kembali Salurkan Bantuan Puluhan Ribu Benih Ikan Patin, Ini Sasarannya

Sebanyak 50.000 ekor benih ikan patin dibagikan kepada tiga Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) yang ada di Kabupaten Kapuas Kalimanten Tengah.

Dinas Perikanan Kapuas
Dinas Perikanan Kapuas bersama Balai Perikanan Air Tawar (BPAT) Mandiangin kembali salurkan bantuan paket benih ikan di Kabupaten Kapuas. 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas didampingi Balai Perikanan Air Tawar (BPAT) Mandiangin kembali salurkan bantuan paket benih ikan.

Kali ini yang disalurkan benih ikan patin sebanyak 50.000 ekor, dibagikan ke tiga Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) yang ada di Kabupaten Kapuas.

BPAT Mandiangin membagikan kepada 3 Pokdakan di dua kecamatan, yaitu Kelompok Perikanan Kelurahan Dahirang sebanyak 15.000 ekor dan Kelompok Lauk Itah Barimba, Kelurahan Barimba, Kecamatan Kapuas Hilir, sebanyak 15.000 ekor.

Lalu, Kelompok Bersama Kita Maju, Kelurahan Palingkau Lama, Kecamatan Kapuas Murung mendapatkan benih ikan sebanyak 20.000 ekor.

Baca juga: Curi HP di Boks Motor, Pria Warga Basarang Kapuas Kalteng Ini Diamankan Polisi Bersama Barbuk Curian

Baca juga: Kapan THR dan Gaji Ke-13 PNS 2021 Cair? Menteri Keuangan Sri Mulyani Pastikan Dibayar Utuh

Baca juga: Video Viral TikTok, Makhluk Misterius Menyeramkan Cegat Pengemudi Mobil di Buntok, Kalteng

Kepala Bagian Pemberdayaan Pembudidaya Ikan Dinas Perikanan Kapuas, Fatmawati, menjelaskan total yang disalurkan pihaknya ada sebanyak 50.000 ekor benih ikan patin yang dibagikan kepada tiga Pokdakan.

Benih ikan siap ditebarkan ke kolam-kolam masyarakat pembudidaya ikan dan dua pokdakan baru yang mendapatkan bantuan ikan pertama kalinya.

"Yang pertama kali mendapatkan bantuan benih ikan yaitu pokdakan Perikanan Kelurahan Dahirang dan pokdakan Lauk Itah Barimba," jelas Fatmawati, Selasa (6/4/2021).

Lebih lanjut dikatakannya, sepanjang tahun 2020 sampai di bulan Maret 2021 ini sudah mendapatkan bantuan benih ikan pati sebanyak 600.000 ekor dan sudah di sebarkan menyeluruh untuk pokdakan yang ada di Kabupaten Kapuas.

"Sudah kami sebarkan menyeluruh untuk pokdakan yang ada di Kabupaten Kapuas dan di Tahun 2020 kami telah menerima bantuan benih ikan sebanyak 340.000 ekor benih ikan lele serta 17.000 ekor benih ikan betok dari BPAT Mandiangin," ungkap Fatmawati.

Kemudian dirinya mengatakan, semua proposal yang telah masuk ke Dinas Perikanan Kapuas pihaknya akan terus mengusahakan.

Agar bisa ditindaklanjuti baik itu melalui BPAT Mandiangin atau dari Dana APBD maupun dari dana aspirasi Dewan.

Fatmawati berharap, ke depannya untuk Pokdakan yang ada di Kapuas khususnya yang berada di Kecamatan Kapuas Hilir bisa meraih bantuan-bantuan baik itu pakan, mesin, benih ikan dan lainnya.

Kemudian akan lebih banyak lagi berkoordinasi dengan BPAT Mandiangin agar bantuan bisa tersebar dengan merata di seluruh Kecamatan di Kabupaten Kapuas.

"Kami juga terus berusaha untuk menjangkau di semua wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas untuk ke depannya wilayah-wilayah yang jauh pun akan kami salurkan bantaun berupa pakan atau benih ikan dan terus berkoordinasi dengan BPAT Mandiangin agar bantuan bisa tersebar dengan merata," pungkasnya.

(tribunkalteng.com/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Syaiful Akhyar
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved