Breaking News:

Berita Kalteng

Debit Sungai Meninggi, Wali Kota Palangkaraya Ingatkan Warga Bantaran Sungai Kahayan Waspada Banjir

Hujan dengan intensitas tinggi terus mengguyur Kota Palangkaraya, Kalteng, dalam beberapa hari terakhir dikhawatirkan membuat Sungai Kahayan m

Penulis: Fathurahman | Editor: Syaiful Akhyar
tribunkalteng.com/Fathurahman
Jembatan Kahayan membentang di Sungai Kahayan Palangkaraya, Kalimantan Tengah. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Hujan dengan intensitas tinggi terus mengguyur Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah dalam beberapa hari terakhir dikhawatirkan membuat Sungai Kahayan meluap.

Kondisi debit  air Sungai Kahayan terpantau terus meningkat dan bisa menyebabkan Sungai Kahayan meluap hingga membanjir jalan dan permukiman warga sekitar bantaran sungai.

Sebagian warga yang bermukim dibantaran Sungai Kahayan, mengaku sudah bersiap-siap jika sewaktu-waktu terjadi luapan air sungai masuk ke rumahnya.

"Sudah biasa, dalam setiap tahun ketika musim hujan dan air pasang meluap, kami biasanya mengungsi ke rumah keluarga di tempat yang lebih tinggi," ujar Adi salah  warga Mendawai Palangkaraya, Minggu (4/4/2021).

Baca juga: Abang Tukang Becak di Sampit Kotim Ini Mengaku Siap Ikuti Vaksinasi Covid-19, Begini Alasannya

Baca juga: Istri Terduga Teroris Terharu Dapat Uang untuk Bayar Cicilan Utang di Bank dari Presiden Jokowi

Baca juga: Ungkapan Ashanty pada Presiden Jokowi Imbas Hadiri Pernikahan Aurel dan Atta Halilintar

Wali Kota Palangkaraya, Fairid Naparin, memantau kondisi meningginya debit air Sungai Kahayan dan mengimbau warga di bantaran Sungai Kahayan mewaspadai terjadinya banjir luapan sungai Kahayan.

"Curah hujan tinggi bisa membuat meluapnya air sungai Kahayan. Warga di kawasan yang rentan banjir seperti kawasan Jalan Mendawai, Pasar Kahayan, harus lebih waspada kemungkinan banjir, " ujarnya.

Kota Palangkaraya terutama permukiman yang ada di bantaran DAS Kahayan yang selama ini menjadi langganan banjir akibat luapan sungai Kahayan diingatkan harus lebih waspada.

Terlebih saat ini kondisi debit air Sungai Kahayan terpantau terus meningkat, apalagi hujan dengan intensitas tinggi makin sering mengguyur Palangkaraya.

(tribunkalteng.com / faturahman)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved