Breaking News:

Berita Kalteng

Wapres Maruf Amin Resmikan Bandara HM Sidik, Perekonomian Masyarakat Kalteng Diharap Makin Meningkat

Kabupaten Barito Utara (Barut) Kalimantan Tengah, kini telah memiliki Bandara HM Sidik yang representatif melayani penerbangan di Kalimantan

Penulis: Fathurahman | Editor: Syaiful Akhyar
Diskominfo Pemprov Kalteng
Wapres KH Ma'ruf Amin saat melihat Maket Pembanguanan Bandara HM Sidik Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalteng 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Kabupaten Barito Utara (Barut) Kalimantan Tengah, kini telah memiliki Bandara HM Sidik yang representatif melayani penerbangan di kawasan Kalimantan.

Bandara yang terletak di Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan ini diresmikan Wapres KH Ma'ruf Amin, didampingi Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran dan sejumlah pejabat pusat dan daerah, Selasa (30/3/2021).

Bandara ini menggantikan bandara Beringin merupakan bandara lama yang tak bisa dikembangkan lagi.

Bandara baru tersebut memiliki terminal penumpang seluas 1.250 m2, dengan ornamen tradisional bermotif khas dayak Kalteng.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Ajak Masyarakat Kalteng Jangan Ragu Ikuti Vaksinasi Covid-19

Baca juga: Syarat Utama Jadi Menantu dari Istri Orang Terkaya Ke-33 Indonesia: Takut kepada Tuhan!

Baca juga: Tragis, Diajak Ketemu Kenalan Baru di Medsos, Gadis Ini Diperkosa dan Dimutilasi Lalu Direbus

Runway bandara sepanjang 1.400 meter x 30 meter, sedangkan taxiway seluas 173 meter x 18 meter, dan apron 110 meter x 80 meter serta penunjang lainnya.

Bandara tersebut dapat melayani penerbangan dari Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya, Bandara Syamsudinoor Banjarmasin, Bandara Sepinggan Balikpapan dan Bandara APT Pranoto Samarinda Kalimantan Timur.

Adanya Bandara HM Sidik ini dipastikan semakin mempermudah warga Barito Utara dan sekitarnya untuk bepergian keluar daerah lewat armada udara.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran berharap, kedatangan Wapres resmikan Bandara HM Sidik dapat memberikan keberkahan bagi Kalteng dalam meningkatkan pembangunan dan perekonomian,” ucap Sugianto.

Kedatangan Wapres didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya dan Kepala BNPB Doni Monardo dan lainnya.

Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo, mengungkapkan, dalam pengamanan kunjungan kerja Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, pihaknya menurunkan sebanyak 237 personel pengamanan yang terbagi di dua tempat yaitu Kota Palangkaraya dan Kabupaten Barito Utara

"Selain meresmikan Bandara HM Sidik di Muara Teweh, Wakil Presiden juga meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal bagi masyarakat yang bertempat di Gedung Olah Raga Tiara Batara Muara Teweh Kabupaten Barito Utara," ujarnya.

(tribunkalteng.com / faturahman)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved