Mudik 2021 Ditiadakan

Mudik 2021 Ditiadakan, Pemerintah Siapkan Aturan Prokes Ketat Bagi Pemudik yang Nekat

Larangan Mudik 2021 telah diputuskan pemerintah. Aturan protokol kesehatan yang ketat pun akan diberlakukan bagi yang nekat bepergian

Editor: Anjar
TRIBUN BATAM/SEPTYAN MULIA ROHMAN
Kapal Pelni KM Bukit Raya saat sandar di Pelabuhan Tarempa Minggu (9/7/2017) pagi.Mudik 2021 Ditiadakan, Pemerintah Siapkan Aturan Prokes Ketat Bagi Pemudik yang Nekat 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Larangan Mudik 2021 telah diputuskan dalam Rapat Tingkat Menteri yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Jumat (26/3/2021).

Masyarakat dilarang meninggalkan daerahnya saat libur Lebaran 2021, mulai dari 6 Mei hingga 17 Mei 2021. Aturan berlaku untuk semua masyarakat, termasuk ASN, TNI/Polri dan pekerja mandiri.

Aturan protokol kesehatan yang ketat pun akan diberlakukan bagi yang nekat bepergian saat libur lebaran.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, sesegera mungkin akan menyiapkan regulasi pengendalian transportasi pada masa mudik Lebaran tahun ini.

Baca juga: Fakta-fakta Lumpuhnya Terusan Suez akibat Kandasnya Kapal Raksasa Evergreen, Kerugiannya Mengerikan

Baca juga: Cita Citata Diberondong Sejumlah Pertanyaan Saat Penuhi Panggilan KPK Terkait Kasus Korupsi Bansos

Aturan tersebut berkaitan dengan pengaturan transportasi umum dan syarat perjalanan. Kemenhub akan melakukan pengawasan secara ketat serta meningkatkan segenap sumber daya agar semua protokol diterapkan dengan disiplin dan konsisten, baik oleh operator transportasi dan masyarakat calon penumpang.

"Kemenhub juga berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19, Kementerian/Lembaga terkait, TNI/Plori, dan Pemerintah Daerah," tulis Budi, dalam keterangan resminya yang diterima Kompas.com, Jumat (26/3/2021).

Dalam proses pengaturan dan pengawasan di lapangan, Budi juga menjelaskan bila Kemenhub bakal berkoordinasi secara intens dengan Polri.

Suasana arus mudik lebaran di Pelabuhan Sampit, Kotim, Kalteng.
Suasana arus mudik lebaran di Pelabuhan Sampit, Kotim, Kalteng. (Tribunkalteng.com/faturahman)

"Sejak pandemi, Kemenhub telah mengeluarkan aturan berupa Surat Edaran (SE) tentang protokol kesehatan secara ketat, mulai keberangkatan, dalam perjalanan, hingga kedatangan. Aturan ini berlaku baik untuk transportasi pribadi maupun umum (darat, laut, udara, dan perkeretaapian)," ucap Budi.

Lebih lanjut Budi mengatakan, larangan mudik akan berlaku pada 6-17 Mei 2021, dan sebelum dan sesudah tanggal itu.

Diimbau masyarakat untuk tidak melakukan pergerakan atau kegiatan-kegiatan ke luar daerah, kecuali benar-benar dalam keadaan mendesak dan perlu.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan larangan ini berlaku untuk seluruh lapisan masyarakat.

Muhadjir menegaskan agar masyarakat tidak melakukan perjalanan keluar daerah selama tanggal larangan tersebut.

Perjalanan keluar daerah diperbolehkan untuk kebutuhan yang mendesak.

"Sebelum dan sesudah hari dan tanggal itu dihimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pergerakan atau kegiatan-kegiatan yang keluar daerah. Sepanjang kecuali betul-betul dalam keadaan mendesak dan perlu," ucap Muhadjir.

Seperti diketahui, Pemerintah memutuskan untuk menghapus kegiatan mudik pada Idul Fitri pada tahun ini.

Keputusan ini diambil setelah Rapat Tingkat Menteri yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan sejumlah menteri dan lembaga terkait.

"Maka ditetapkan bahwa pada tahun 2021 mudik ditiadakan," ujar Muhadjir dalam konferensi pers virtual, Jumat (26/3/2021)

Baca juga: 2 WNI Diserang di Philadelphia, AS, Menlu Retno Marsudi Minta Jaminan Keselamatan

Baca juga: Raffi Ahmad Sindir Kelakuan Nagita Setelah Izinkan Rafathar Borong Mainan

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Larangan Mudik Berlaku dari 6 Mei hingga 17 Mei 2021, Masyakarat Tidak Boleh Keluar Daerah, dan di Kompas.com dengan judul "Mudik Lebaran Resmi Dilarang, Kemenhub Siapkan Aturan Transportasi"

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved