Breaking News:

Food Estate Kalteng

Komisi IV DPR RI Pantau Proyek Ketahanan Pangan Nasional Kawasan Food Estate Kalteng di Dadahup

Rombongan Komisi IV DPR RI pantau langsung lokasi proyek ketahanan pangan nasional kawasan Food Estate Kalteng di Kabupaten Kapuas dan Pulangpisau.

Penulis: Fathurahman | Editor: Syaiful Akhyar
tribunkalteng.com/Fathurahman
Petani eks Program PLG Sejuta Hektare masa orde baru yang turut dilibatkan dalam program food estate Desa Talio Kabupaten Pulangpisau, Kalteng. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Rombongan Komisi IV DPR RI pantau langsung lokasi proyek ketahanan pangan nasional kawasan Food Estate Kalteng di Kabupaten Kapuas dan Pulangpisau.

Rombongan Komisi IV DPR RI didampingi Sekda Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri, meninjau lokasi Food Estate yang berada di Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kamis (26/3/2021).

Rombongan dewan dipimpin  melakukan pengawasan dan peninjauan langsung lokasi Food Estate di Kalteng, khususnya yang berada di Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas. 

“Kami pengen lihat langsung progres keberhasilan program food estate Kalteng. Ini program nasional dan harus benar-benar dipantau dan diawasi, jadi kami mau lihat langsung kondisinya," ujar pimpinan rombongan, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini.

Baca juga: Petani Cabai di Sampit Ini Mengaku Terbantu Permodalan Tengkulak, Mulai Tanam Hingga Pemasaran Panen

Baca juga: Info CPNS 2021 Terkini, Seleksi Jalur CPNS Dimulai April 2021

Baca juga: Pelaksanaan Porwanas 2021 Ditunda Hingga 2022, Atlet SIWO Kalteng Tetap Giat Latihan Sepak Bola

Rombongan Komisi IV DPR RI ini diantaranya, Vita Ervina, Ono Surono, Endro Hermono, TA Khalid, Yessy Melania, Julie Sutrisno, Bambang Purwanto, Andi Akmal Pasluddin, Fachry Pahlevi Kanggoasa, serta tim sekretariat Komisi IV.

Turut pula mendampingi rombongan Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy.

Dirjen PSP Kementerian Pertanian Sarwo Edhy,  mengungkapkan, tahun 2020 lalu, Pemerintah masih fokus ke lahan intensifikasi seluas 30.000 hektare.

“Di Pulangpisau 10.000 ha, Kapuas 20.000 ha, Pulangpisau itu yang belum tanam, karena ada di beberapa titik masih banjir, itu lebih kurang sekarang tinggal 200 ha. 

Dia juga menjelaskan, Kapuas yang belum ditanam karena airnya ada yang masih tinggi itu lebih kurang 3.000 ha.

"Jadi, jumlah yang sudah ditanam secara nasional untuk Food Estate dari 30.000 ha itu lebih kurang sudah 27.000 ha. Di Kapuas ini, dari target 20.000 ha, sudah ditanam lebih kurang 17.000 Ha,” ujar Sarwo Edhy.

Sementara itu, Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, Jumat (26/3/2021)  mengatakan kunjungan Komisi IV DPR RI tersebut untuk melihat serta mengawasi langsung progres Food Estate Kalteng.

“Kunjungan Komisi IV DPR RI ini untuk melihat langsung kondisi di lapangan karena tugas dewan juga melakukan pengawasan," ujar Fakhrizal.

(tribunkalteng.com / faturahman)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved