Breaking News:

Pilkada Kalteng 2020

Bawaslu Kalteng Gelar Rapat Evaluasi dan Penyusunan Laporan Akhir Pilkada Kalteng 2020

Bawaslu Kalteng gelar rapat evaluasi terkait penyusunan laporan akhir pelaksanaan Pilkada 2020 melibatkan bawaslu sejumlah kabupaten.

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Syaiful Akhyar
tribunkalteng.com/Fadly Setia Rahman
Bawaslu Kalteng gelar rapat evaluasi terkait penyusunan laporan akhir pada pelaksanaan Pilkada 2020 lalu di Kapuas. 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Badan Pengawas Pemilu Kalimantan Tengah (Bawaslu Kalteng) gelar rapat evaluasi terkait penyusunan laporan akhir pelaksanaan Pilkada 2020.

Rapat evaluasi zona 3 jajaran Bawaslu Kalteng bersama Bawaslu Kota Palangkaraya, Bawaslu Gunung Mas, Kapuas, Katingan dan Pulang Pisau berlangsung di Aula Bawaslu Kapuas, Kamis (25/3/2021) hingga Jumat (26/3/2021).

Ketua Bawaslu Provinsi Kalteng, Satriadi, menyampaikan evaluasi dilakukan untuk semua divisi.

"Kami melakukan evaluasi masing-masing divisi. Termasuk juga nanti evaluasi kesekretariatan," ujar Satriadi, kepada wartawan.

Baca juga: Komisi IV DPR RI Pantau Proyek Ketahanan Pangan Nasional Kawasan Food Estate Kalteng di Dadahup

Baca juga: Unit Dikyasa Satlantas Polresta Palangkaraya Sosialisasi Prokes di Pasar Kahayan Palangkaraya

Baca juga: Pelaksanaan Porwanas 2021 Ditunda Hingga 2022, Atlet SIWO Kalteng Tetap Giat Latihan Sepak Bola

Dilanjutkannya, di Bawaslu ada lima divisi yakni Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga, Divisi Hukum, Hubungan Masyarakat dan Data Informasi, Divisi Penanganan Pelanggaran.

Kemudian Divisi Penyelesaian Sengketa dan Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi.

Dari ke 5 divisi tersebut, pada Pelaksanaan Pilkada 2020 lalu, yang paling menonjol pada divisi penangangan pelanggaran.

"Penanganan pelanggaran itu baik dari temuan ataupun laporan-laporan. Baik yang dilaporkan ke Bawaslu kabupaten, kota maupun langsung ke Bawaslu Provinsi," paparnya.

Dikatakan, untuk jenis pelanggaran itu bervariasi mulai laporan pelanggaran pidana Pemilu, administrasi, hingga laporan netralitas ASN. "Jadi itu yang menjadi perhatian kami," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kapuas, Iswahyudi Wibowo mengatakan evaluasi ini dilakukan agar ke depan kinerja dalam program pengawasan lebih baik lagi.

"Baik itu pengawasan tahapan, penanganan pelanggaran maupun penyelesaian sengketa itu lebih baik lagi. Baik itu dari sisi regulasi maupun dari sisi profesionalitas dan netralitas," ujarnya.

Evaluasi ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban Bawaslu Kabupaten Kota dalam melalukan pengawasan tahapan Pilkada Kalteng 2020 lalu.

(tribunkalteng.com/Fadly SR)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved