Aprilia Manganang Jadi Pria

Tak Hanya Ganti Nama, Gender Baru Aprilia Manganang Sebagai Lelaki Pun Disahkan

Kini Aprilia Manganang resmi berganti nama menjadi Aprilio Perkasa Manganang. Bahkan gendernya sebagai lelaki pun disahkan pengadilan

Editor: Anjar
kolase Instagram
Transformasi perubahan Aprilia Manganang.Tak Hanya Ganti Nama, Gender Baru Aprilia Manganang Sebagai Lelaki Pun Disahkan 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Sersan Dua (Serda) Aprilia Santini Manganang tak kuasa menahan air mata bahagia saat mendengar putusan Pengadilan Negeri Tondano yang mengabulkan permohonan penggantian namanya.

Kini Aprilia Manganang resmi berganti nama menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

Bahkan, tak hanya nama yang berganti. Tapi jenis kelamin Aprilia yang semula perempuan pun diputuskan menjadi laki-laki dalam sidang itu.

Keputusan itu diambil oleh Majelis Hakim Nova Loura Sasube dalam persidangan penggantian nama, jenis kelamin, dan sejumlah dokumen kependudukan yang berlangsung secara virtual, Jumat (19/3/2021).

Baca juga: Wireless Earphone Seri TWS Terbaru TW020 dari Nakamichi Tersedia, Ini Kelebihannya

Baca juga: Ramalan Zodiak Keuangan Sabtu 20 Maret 2021: Kondisi Virgo Bisa Stres, Sagittarius Lagi Untung

"Menetapkan pergantian nama pemohon yang semula bernama Aprilia Santini Manganang berubah menjadi nama Aprilio Perkasa Manganang," ujar Nova saat membacakan keputusan.

Selain penggantian nama, majelis hakim juga mengabulkan permohonan pemohon terkait perubahan jenis kelamin di mata hukum.

Hakim mengabulkan permohonan perubahan jenis kelamin dari perempuan menjadi laki-laki berdasarkan keterangan saksi, ahli, dan sejumlah bukti.

Transformasi perubahan Aprilia Manganang
Transformasi perubahan Aprilia Manganang (kolase Instagram)

"Menetapkan pemohon Aprilia Santini Manganang mengubah jenis kelamin dari semula jenis kelamin perempuan menjadi jenis kelamin laki-laki," kata Nova.

Untuk melengkapi berkas kependudukan, Nova kemudian memerintahkan panitera untuk mengirimkan salinan keputusan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sangihe.

Tujuannya adalah supaya terjadi perubahan data administrasi Manganang secara utuh.

"Memerintahkan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sangihe untuk mencatat dalam register yang bersangkutan perubahan jenis kelamin pemohon Aprilia yang semula berjenis kelamin perempuan menjadi jenis kelamin laki-laki," imbuh Nova.

Baca juga: Serda Aprilio Perkasa Manganang Menangis Terima Keputusan Perubahan Nama

Baca juga: Sidang Memanas, Rizieq Shihab Mengaku Didorong dan Dihinakan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sah, Aprilia Manganang Berubah Nama Jadi Aprilio Perkasa Manganang

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved