Breaking News:

Berita Tala

Listrik Tenaga Surya Pulau Datu Tanahlaut Kalsel Akhirnya Berfungsi Lagi

Setelah cukup lama mangkrak dan hanya menjadi pajangan, listrik tenaga surya di Pulau Datu di Desa Tanjungdewa, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahl

Tribunkalteng.com/idda royani
Inilah instalasi listrik surya di Pulau Datu. Setelah cukup lama rusak, kini telah berfungsi kembali. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PELAIHARI - Setelah cukup lama mangkrak dan hanya menjadi pajangan, listrik tenaga surya di Pulau Datu di Desa Tanjungdewa, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), akhirnya berfungsi.

Objek wisata religius berjarak sekitar satu kilometer dari daratan permukiman Tanjungdewa itu kini tak gelap lagi. Meski belum maksimal, namun setidaknya ada aliran listrik yang telah tersedia.

Juru kunci Pulau Datu, Musa, mengatakan sekitar sepekan lalu ada petugas teknis dari kabupaten yang datang dan memperbaiki kerusakan instalasi tenaga surya setempat.

"Alhamdulillah sudah diperbaiki dan sekarang sudah nyala lagi listrik di Pulau Datu," ucap Musa kepada banjarmasinpost.co.id, Jumat (19/3/2021).

Baca juga: Satu Penumpang Positif Corona, Tim Bulu Tangkis Indonesia Dipaksa Mundur dari All England 2021

Ia mengucapkan terima kasih kepada pihak kabupaten yang responsif dan langsung turun ke lokasi. Pasalnya penerangan listrik sangat diperlukan mengingat kadang ada saja pengunjung yang bermalam atau menginap.

"Memang tak menentu pengunjung yang menginap di Pulau Datu. Tapi dalam sebulan biasanya selalu ada. Kadang hanya beberapa orang, kadang bisa juga sampai seratus orang lebih," sebut Musa.

Kepala Bidang Tata Kota dan Kebersihan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup Tala Gt Erzandi menuturkan begitu mendapat laporan tentang kerusakan listrik tenaga surya di Pulau Datu, dirinya langsung menurunkan teknisi.

Ia mengatakan selanjutnya pihaknya berencana akan memasang sensor digital pada penerangan listrik di Pulau Datu.

Sensor tersebut kelak akan dikoneksikan dengan alat khusus yang dipasang di permukiman warga di Tanjungdewa.

"Jadi misal terjadi masalah teknia dengan penerangan di Pulau Datu, secara cepat dapat terdeteksi. Sensornya akan memacarkan kode," papar Erzandi.

Dengan begitu ketika terjadi trouble teknis menyangkut elektrikal kelistrikan di pulau berjarak tempuh kelotok sekitar seperempat menit itu bisa segera ditangani (diperbaiki).

Lebih lanjut ia mengatakan juga akan menambah penerangan di Pulau Datu. Rencanananya lampu sorot akan ditambah di beberapa tempat agar suasana sekitar maki terang saat malam.

Pantauan banjarmasinpost.co.id, instalasi listrik tenaga surya di Pulau Datu ada dua unit. Masing-masing ukurannya sekitar 1,5x2 meter. Letaknya di sisi barat sebelah kiri jalan menuju tempat wudhu dan toilet. (Tribunkalteng.com/idda royani)

Penulis: Idda Royani
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved