Breaking News:

Berita Nasional

Menkes: Ingat Kekebalan Optimal 28 Hari Setelah Vaksinasi Dosis 2

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengingatkan masyarakat yang sudah divaksinasi Covid-19 untuk tidak merasa aman akan terbebas virus c

kompas.com
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/2/2021). Rapat kerja tersebut membahas usulan penambahan anggaran Kementerian Kesehatan dengan total sebesar Rp134,46 triliun untuk penanganan COVID-19. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A) 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengingatkan masyarakat yang sudah divaksinasi Covid-19 untuk tidak merasa aman akan terbebas virus corona.

Pasalnya, setelah vaksinasi Covid-19 pun masih ada orang yang terkena. Hal tersebut karena kekebalan baru akan secara optimal terbentuk pada 28 hari setelah vaksinasi dosis kedua.

"Jadi pesan saya, kalau habis disuntik jangan merasa aman, terus ke mana-mana tidak pakai masker. Kekebalan optimal dari antibodi kita itu 28 hari setelah penyuntikan kedua," kata Budi saat mendampingi Wapres Ma'ruf Amin vaksinasi Covid-19 dosis kedua di kediaman dinas, Rabu (17/3/2021).

Ia mengatakan, berdasarkan data, setelah vaksinasi Covid-19 imunitas seseorang akan meningkat.

Baca juga: Presiden: Ada Lima Pelatihan yang Paling Diminati Peserta Program Pra-Kerja

Meskipun demikian, hal tersebut juga masih bisa membuat seseorang tertular Covid-19.

"Cuma karena kita antibodinya sudah baik, kalaupun (virus) bisa masuk, pemulihannya cepat. Tapi masih bisa kena? Masih," kata dia.

Dengan vaksinasi Covid-19, kata Budi, seseorang tidak bisa menjadi langsung kebal virus.

Namun, imunitas atas vaksinasi tersebut akan membantu seseorang tak terlalu parah apabila terpapar Covid-19.

"Kalaupun kita kena, virusnya bisa cepat hilang, mati, tidak usah masuk rumah sakit. Kalaupun masuk rumah sakit tidak dirawat lama karena antibodinya sudah ada," kata dia.

"Tapi konsekuensinya, kita masih tetap bisa menularkan ke orang lain," lanjut dia.

Maka dari itu, karena masih bisa terpapar Covid-19 dan menularkan kepada orang lain, protokol kesehatan harus tetap digalakkan. (kompas.com).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kekebalan Optimal 28 Hari Setelah Vaksinasi Dosis 2, Menkes: Jangan ke Mana-mana Tak Pakai Masker!"

Editor: edi_nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved