Breaking News:

Nasional

Viral Kuda Nil di Taman Safari Telan Botol Plastik, Ahli Sebut Bisa Sebabkan Kamatian

Beberapa waktu belakangan viral foto seekor kuda nil di Taman Safari Indonesia (TSI) hampir menelan sampah botol plastik dan tisu

Editor: Rahmadhani
Dok medsos
Sejumlah foto yang menampilkan seekor kuda nil diberi makan sampah di Taman Safari Indonesia (TSI), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, viral di media sosial Senin (8/3/2021). 

TRIBUNKALTENG.COM - Beberapa waktu belakangan viral foto seekor kuda nil di Taman Safari Indonesia (TSI) hampir menelan sampah botol plastik dan tisu, yang diduga dilempar oleh pengunjung pada Minggu (7/3/2021).

Kejadian kuda nil yang nyaris memakan sampah botol plastik ini terekam dalam video Instagram Story milik akun @cyntiactcete.

Namun, pemilik akun tersebut mengaku tidak sempat merekam perbuatan pengunjung yang diduga memberi makan sampah ke kuda nil.

“Emang sih gk kerekam pas dy ngelemparnya (botol bekas minuman), tapi saksi mata banyak, ada tissue juga yang dilempar," tulis akun @cyntiactcete itu.

Seperti telah diberitakan Kompas.com sebelumnya, Senin (8/3/2021), pihak Taman Safari Indonesia telah mengetahui kejadian tersebut dan sudah membersihkan sampah botol plastik yang ada di dalam mulut kuda nil itu.

Baca juga: Inilah Cara Mudah Mengetahui Nomor Virtual Account BPJS Kesehatan

Baca juga: Ratusan Personel Kodim 1011/Kualakapuas Jalani Vaksinasi Covid-19

“Temuan kami ada satu botol mineral dan juga tisu, tapi semuanya tidak sampai tertelan,” kata Humas Taman Safari Indonesia Bogor, Yulius H Suprihardo, kepada Kompas.com, Senin (8/3/2021).

Menanggapi hal tersebut, dokter hewan Dr M Munawaroh, drh, MM mengaku prihatin dengan kejadian tersebut, yang menurutnya tak pantas dilakukan oleh siapa pun.

“Seperti kita pahami bersama, plastik jelas bukan makanan hewan seperti kuda nil dan plastik adalah bahan yang tidak akan bisa dicerna oleh hewan apa pun,” tegasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jika kuda nil yang makan botol plastik tak segera ditangani, akan mengganggu proses pencernaannya.

Bahkan, jika botol plastik tersebut tak bisa dikeluarkan melalui feses atau muntahan, bisa menyebabkan risiko kematian pada kuda nil tersebut.

“Tapi secara normal, biasanya hewan akan memuntahkan benda asing yang masuk ke dalam tubuhnya,” jelas dokter hewan yang merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PBPDHI) itu.

Kabar baiknya, menurut Yulius, kuda nil betina bernama Ari itu saat ini telah memuntahkan kembali sampah tersebut dan dalam kondisi aman. Ari juga masih dalam pantauan tim medis dan penjaganya.

Agar kejadian seperti ini tak terulang lagi, Munawaroh berharap pelakunya ditangkap dan mendapat tindakan tegas karena telah melanggar peraturan kesejahteraan hewan.

Berita ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul Viral Kuda Nil Taman Safari Diberi Makan Botol Plastik, Ahli: Bisa Sebabkan Kematian

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved