Breaking News:

Kebakaran Lahan Kalteng

Kebakaran Lahan Kalteng, Gubernur Kalteng Minta Pembakar Lahan di Kobar Diproses Hukum

Kebakaran lahan Kalteng, Kebakaran lahan yang terjadi di Pangkalanbun Kotawaringin Barat hingga puluhan hektare milik kelompok tani Gubernur Kalteng

Tribunkalteng.com / faturahman
Kebakaran lahan Kalteng, Petugas dari Ditsamapta Polda Kalteng saat memadamkan kebakaran lahan di Jalan Danau Indah Palangkaraya, Sabtu (6/3/2021). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Kebakaran lahan Kalteng, Kebakaran lahan yang terjadi di Pangkalanbun Kotawaringin Barat hingga puluhan hektare milik kelompok tani Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, menduga kebakaran tersebut disenghaja sehingga dia minta polisi mengusut kebakaran lahan tersebut.

"Kebakaran lahan di Kobar itu saya nyatakan ada unsur kesenghajaan sehingga saya sudah koordinasi dengan Kapolda dan sudah diturunkan Kepala Biro Operasi untuk ke lokasi agar kebakaran lahan di Kobar diproseshukum sesuai ketentuan yang berlaku," ujarnya, akhir pekan tadi.

Gubernur Sugianto juga menegaskan, pembakaran lahan dilarang, terutama lahan gambut sehingga jika ada kejadian krbakaran pada lahan gambut harus diproses hukum, karena memang tidak boleh ada kebakaran lahan gambut."Jikapun ada lahan bukan gambut dibakar itu ada aturannya sudah ada ketentuannya," ujarnya.

Baca juga: Kebakaran Kalsel, Kios Milik Solihin Nyaris Terbakar, Sempat DisaKe atroni Dua Orang Tak Dikenal

Orang nomor satu di Kalteng ini meminta warga yang ingin membersihkan lahan jangan membakar karena akan kena sanksi."Warga sengaja membakar lahan saja bisa dikenakan sanksi apalagi jika kebakaran lahan terjadi kepada koorporasi atau perusahaan pasti akan dikenakan sanksi," ujarnya lagi.

Kapolres Kobar, AKBP Devy Firmansyah mengungkapkan, kebakaran lahan yang terjadi di kilometer 12 Jalan Pangkalannun-Kolam, Desa Mendawai Seberang Kecamatan Arut Selatan (Arsel) telah diselidiki dan terus didalami oleh pentidik dengan memerika sejumlah saksi.

Sementara itu, kebakaran Lahan kembai terjadi di Jalan Danau Indah Palangkaraya , Sabtu (6/3/2021) namun belum Diketahui Penyebabnya. Kebakaran lahan tersebut langsung dipadamkan oleh petugas
Direktorat Samapta Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) sehingga kebakaran tidak meluas. (Tribunkalteng.com / faturahman).

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved