Breaking News:

Kriminatas Kalsel

Ringkus 3 Pelaku di Syamsudin Noor, Polisi Banjarbaru Sita 2,4 Kilogram Sabu

Jajaran Polres Banjarbaru menggagalkan pengiriman sabu di Kalsel sebanyak 2,4 kilogram di Parkiran Bandara Syamsudin Noor

Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/siti bulkis
Press release barang bukti 2,4 kg sabu di Polres Banjarbaru Jalan A Yani Km 35, Loktabat, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Jumat (5/3/2021). 

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARBARU - Jajaran Polres Banjarbaru, Kamis 4 Maret 2021 meringkus tiga pelaku sekaligus menggagalkan peredaran Narkotika jenis sabu di Kota Idaman Banjarbaru. 

Penangkapan terhadap ketiga pelaku, yaitu P, AK dan F bermula dari tertangkapnya pelaku P dan AK saat tengah berada di Area Parkir Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor Jalan Angkasa Pura, Landasan Ulin Utara, Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

"Berdasarkan keterangan, Pelaku P mendapatkan narkoba jenis sabu tersebut dari Seorang Pelaku  yang masuk daftar pencarian orang (DPO), U yang diketahui berdomisili di Balikpapan, Kalimantan Tengah," kata Kapolres Banjarbaru, AKBP Doni Hadi Santoso dalam gelaran Press Release Satres Narkoba di Polres Banjarbaru, Jumat (5/3/2021). 

Yang mana, saat itu Pelaku AK dan P datang ke Bandara Syamsudin Noor untuk mengambil kristal haram tersebut setelah dihubungkan pelaku F dengan pelaku U.

Baca juga: Narkoba Kalsel, Satresnarkoba Polres Tabalong Amankan Dua Pria Terlibat Peredaran Sabu

Baca juga: Narkoba Kalsel, Satresnarkoba Polres Tabalong Bekuk Pria Bawa Sabu di Warung

Baca juga: Empat Kurir Sabu 300 KG di Banjarmasin Dituntut Hukuman Mati

Sesampainya di lokasi, P dipandu oleh Pelaku U untuk mengambil barang haram tersebut dengan cara memerintahkan P untuk mengambil kunci sepeda motor Suzuki Smash 110 merah hitam yang sudah diletakkan di tiang rambu petunjuk arah ke Bandara. 

Namun, naas gerak-geriknya berhasil diketahui dan di gagalkan Unit Satuan Reserse Narkoba Polres Banjarbaru. 

Setelah berhasil, diamankan petugas pun langsung mengeledah dan melakukan pengecekan. Dan benar saja, Petugas  menemukan 10 kantong plastik berisi barang haram tersebut. 

Setelah ditimbang, 10 plastik berisi sabu-sabu itu berat kotornya mencapai 2,435 Kilogram dan berat bersihnya 2,378,2  Kilogram.

"Setelah dikalkulasikan harga per gramnya sekitar Rp 1,6 juta dan total keseluruhan diperkirakan mencapai sekitar Rp 3,8 miliar," ujarnya.

Sementara Kasat Narkoba Polres Banjarbaru, IPTU Agus Hariyadi mengatakan, kasus narkoba di Banjarbaru mencapai 14 kasus. 

Dalam upaya memberantas Narkoba di wilayah Hukum Polres Banjarbaru, menurutnya, telah melakukan penegakan hukum, melakukan upaya penyembuhan serta sosialisasi kepada masyarakat akan bahayanya narkoba. 

Baca juga: Narkoba Kalteng, Petugas Ditpolairud Polda Kalteng Amankan Warga Jual Sabu

"Untuk itu, sebelum terlambat jauhi narkoba, sebab narkoba adalah musuh kita yang dapat merusak semuanya, baik anak muda, remaja dan lainnya. Dan kebanyakan penggunanya anak muda yang egonya ingin tahu dan mencoba ditambah faktor lingkungan dan pergaulan," imbuhnya. 

Saat ini, Menurutnya,  jajaran Polres Banjarbaru sedang melakukan lidik kepada pelaku DPO U. Namun, atas terungkapnya kasus yang dilakukan P, AK dan F, Ketiganya dikenakan pasal 144 ayat 2 sub pasal 113 ayat 2 Jo Pasal 132 ayat 1 Undang-Undang No 35 Tahun 2009  tentang narkotika. 

(Banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved