Breaking News:

Berita Banjarmasin

Kapolda Kalsel Tegaskan Tak Pandang Bulu Terhadap Pembakar Hutan dan Lahan

Tak akan pandang bulu baik terhadap korporasi maupun perseorangan, pihak-pihak yang sengaja membakar hutan atau lahan dengan melanggar hukum akan diti

Humas Polda Kalsel Untuk kalteng.tribunnews.com
Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto dan Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA bersama Forkopimda Kalsel lainnya memeriksa kesiapan personel gabungan penanganan karhutla 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM. BANJARMASIN - Tak akan pandang bulu baik terhadap korporasi maupun perseorangan, pihak-pihak yang sengaja membakar hutan atau lahan dengan melanggar hukum akan ditindak tegas.

"Tidak ada tawar-menawar sesuai dengan Undang-Undang, barang siapa yang sengaja membakar dengan melanggar hukum kami akan proses," kata Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto.

Hal ini disampaikan Kapolda Kalsel saat Apel Kesiapan Gabungan Dalam Rangka Penanganan Penanggulangan Bencana Alam Karhutla Tahun 2021 di Provinsi Kalsel, Selasa (2/3/2021).

Dimana Apel Kesiapan Gabungan ini dilaksanakan di Lapangan Satpas Ditlantas Polda Kalsel, Jalan A Yani kilometer 21, Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalsel.

Baca juga: Dugaan Korupsi Kalsel, Jaksa Terus Dalami Kasus Kades Tegalrejo Kotabaru

Proses hukum kata Kapolda akan dilakukan baik terhadap pelaku yang membakar, yang menyuruh atau korporasi yang terlibat membakar lahan dengan melanggar hukum.

Penegakan hukum untuk mencegah terjadinya karhutla kata Irjen Pol Rikwanto terus dilakukan dan makin dikuatkan sejak beberapa tahun belakangan di Kalsel.

Upaya ini diharapkan dapat menimbulkan efek jera dan mencegah perbuatan membakar hutan atau lahan kembali terjadi.

Ia juga mengimbau seluruh pihak termasuk masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Pasalnya kata dia, bagaimanapun arah pergerakan api sulit diprediksi dan dikontrol sehingga berisiko menjalar ke arah yang tidak diinginkan baik ke lahan gambut maupun lahan pertanian lainnya.

Halaman
123
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved