Breaking News:

Kebakaran Kalteng

Kebakaran Kalteng, Kebakaran Lahan di Kotawaringin Barat, Kapolda Kalteng Keluarkan Maklumat

Kebakaran lahan kebun pisang terjadi di Jalan Samari 2 Kelurahan Madurejo Pangkalanbun, Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah

Penulis: Fathurahman | Editor: edi_nugroho
Foto PMI Kobar
Petugas saat memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di Jalan Samari 2 Kelurahan Madurejo Pangkalanbun ,Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah, Sabtu (27/2/2021). 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.C PALANGKARAYA - Kebakaran lahan kebun pisang terjadi di Jalan Samari 2 Kelurahan Madurejo Pangkalanbun, Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah, Sabtu (27/2/2021) mendapat perhatian instansi terkait untuk bersama-sama memadamkannya.

Perubahan iklim dari musim hujan mulai beralih ke musim kering sehingga lahan semak belukar mulai tampak mengering dan suhu udara terasa panas. Kebakaran Lahan Kebun Pisang di Jalan Samari 2 RT.25 Kelurahan Madurejo, Pangkalanbun Kobar ini membuat warga setempat kaget, untung saja kebakaran berhasil dipadamkan.

Ini setelah, BPBD, Tagana, Manggala Agni, Palang Merah Indonesia (PMI) dan warga RT.25 Kelurahan Madurejo turut membantu memadamkan api sehingga api tidak merembet ke lahan lainnya."Suhu udara terasa sangat panas siang hari, dan lahan belukar mulai mengering, hujan juga mulai jarang terjadi memang rawan terjadi kebakaran lahan," ujar Alfiansyah, warga Palangkaraya.

Baca juga: Kebakaran Kalsel, Api Mengamuk di Kelurahan Pelambuan, 79 Jiwa Terdampak

Sementara itu, pantauan lahan semak belukar yang ada dipinggiran Jalan arah Sampit-Palangkaraya, Minggu (28/2/2021) lahan tampak mulai mengering, karena suhu udara pada siang hari terasa panas, memang rawan terjadi kebakaran. Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo telah mengeluarkan maklumat untuk mencegah kebakaran lahan.

Ini setelah, Presiden Joko Widodo, Senin (22/2/2021) memanggil Kapolri dan Kapolda jajarannya agar serius dalam menanggulangi Karhutla di wilayahnya masing-masing, sehingga Polda Kalteng langsung menggelar pencanangan dan penandatangan Maklumat Kapolda Kalteng tentang sanksi pidana bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan di Lapangan Barigas Mapolda setempat, Rabu (24/2/2021) pagi.

Kapolda menyampaikan, bahwa pihaknya sangat serius dalam melakukan penanggulangan dan pencegahan sejak dini terhadap Karhula."Polda Kalteng, bersama TNI dan pemerintah akan bersinergi dan bahu membahu dalam menanggulanginya, karena dampaknya akan mengakibatkan kabut asap yang merugikan masyarakat semua," ujarnya.

Dedi berharap, adanya maklumat diharapkan , tidak ada lagi masyarakat atau perusahaan yang membakar hutan dan lahan, sehingga bencana kabut asap tidak terjadi di Bumi Tambun Bungai.Kapolda juga melakukan pengecekkan personil dan peralatan untuk pemadaman kebakaran lahan. (Tribunkalteng.com / faturahman).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved