Breaking News:

Berita Palangkaraya

Disbudpar Palangkaraya Melakukan Pengkajian Sejumlah Benda dan Bangunan Untuk Cagar Budaya

Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kota Palangkaraya, mengajukan puluhan objek berupa benda dan bangunan dan objek lainnya

Disbudpar Palangkaraya Melakukan Pengkajian Sejumlah Benda dan Bangunan Untuk Cagar Budaya
Tribunkalteng.com / faturahman
Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kota Palangkaraya

Editor: Edi Nugroho

TRIBUKALTENG.COM, PALANGKARAYA -Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kota Palangkaraya, mengajukan puluhan objek berupa benda dan bangunan dan objek lainnya yang memiliki nilai sejarah untuk ditetapkan sebagai benda atau bangunan cagar budaya.

Kepala Disbudpora Palangkaraya, Ikhwanudin, Jumat (5/2/2021) mengatakan, setidaknya ada 20 objek diduga benda cagar budaya yang diserahkan tim pendaftaran cagar budaya Kota Palangkaraya kepada tim ahli cagar budaya untuk dilakukan pengkajian kelayakan.

Lingkungan Masjid Tughfaturroghibin Dalam Pagar Martapura Kalsel Terendam

Setelah dilakukan kajian, identifikasi dan klasifikasi terhadap delapan yang direkomendasikan berupa bangunan dan struktur cagar budaya, yakni pertama Gedung serba guna Tjilik Riwut, Jalan Tjilik Riwut, Kelurahan Palangka Kecamatan Jekanraya kemudian, rumah tradisional/Huma Hai di Jalan Metar Duha Kelurahan Mungkuh Baru Kecamatan Rakumpit.

Kemudian, Pesanggrahan Tjilik Riwut Jalan S.Parman Kelurahan Palangka Kecamatan Jekanraya, Tower PDAM, Jalan Jenderal .Ahmad Yani Kelurahan Langkai Kecamatan Pahandut, kemudian, Monumen tiang pancang peletakan batu pertama pembangunan Kota Palangkaraya di Jalan S.Parman Kelurahan Palangka Kecamatan Jekanraya.

Selain itu, Sandung Ngabe Sukah di Jalan DR Murjani Kelurahan Pahandut Kecamatan Pahandut dan Rumah Tjilik Riwut Jalan .S.Parman Kelurahan Palangka Kecamatan Jekanraya; serta rumah tradisional Sei Gohong Kelurahan Sei Gohong Kecamatan Bukitbatu.

Ikhwanuddin, menyebutkan, delapan bangunan dan struktur cagar budaya peringkat yang direkomendasi itu telah memenuhi kajian." Delapan objek tersebut, rata-rata memenuhi kajian, benda, bangunan, struktur, lokasi dan satuan ruang geografis," ujarnya. (Tribunkalteng.com / faturahman).

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved