Breaking News:

Update Banjir Kalsel

Warga Lok Batu Paringin Balangan Kalsel Keluhkan Gorong-gorong Penyebab Banjir

Beberapa tahun belakangan, kondisi gorong-gorong di jalan utama pada Desa Lok Batu, Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan dikeluhkan warga

Editor: edi_nugroho
Tribunkalteng.com/isti rohayanti
Kepala Desa Lok Batu, Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan, Mardani memperlihatkan kondisi gorong-gorong yang tersumbat 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PARINGIN- Beberapa tahun belakangan, kondisi gorong-gorong di jalan utama pada Desa Lok Batu, Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan dikeluhkan warga. Meski masih nampak baik, namun rupanya saluran pada jembatan tersebut telah buntu.

Halusnya gorong-gorong yang tersedia, membuat tanah dan benda lainnya terhalang. Sehingga alirannya pun mengalami kebuntuan.

Belakangan pula diduga buntunya saluran tersebut menyebabkan banjir yang kerap terjadi di desa. Bahkan tak jarang merendam permukiman warga.

Ramalan Zodiak Jumat 11 Januari 2019 : Cancer dan Leo Merasa Senang, Aquarius Sensitif

Kepala Desa Lok Batu, Mardani memperlihatkan bagaimana kondisi gorong-gorong saat ini. Ia menunjukan saluran air yang buntu dan tidak bisa ditembus. Bahkan juga didapati sejumlah sampah yang menumpuk.

Ungkapnya, rencana perbaikan saluran tersebut telah sering dimasukan dalam usulan Musrenbang. Namun tak kunjung jua ada penanganan. Bahkan ia mengusulkan agar menjadi jembatan box culvert sehingga air pun tak lagi terhalang saat melintas.

"Setiap tahun selalu kami usulkan. Namun belum ada tindak lanjut. Padahal saluran ini tidak bisa lagi dilewati air. Itu kenapa ketika hujan intensitas tinggi, menjadi banjir. Karena sudah tidak bisa lagi menampung air dan air tertahan," ceritanya.

Kondisi buntunya gorong-gorong juga dikeluhkan warganya. Bahkan warga setempat sangat mengharapkan adanya perubahan atau penanganan pada jembatan tersebut. Hal itu sebagai upaya penanganan banjir yang terjadi.

"Kami sangat berharap ini diperbaiki dan diperbesar untuk salurannya," ungkap Mardani.

Sebagaimana diketahui, keberadaan saluran air tersebut tepat di wilayah perbatasan desa. Air yang mengalir pun menuju area sawah warga yang berada di seberang jalan.
(Tribunkalteng.com/isti rohayanti).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved