Breaking News:

Berita Kalteng

Wagub Kalteng ke Seruyan Bahas Dana Desa Bersama Perangkat Desa dan Kecamatan

Upaya pemerataan dan pengawasan pembangunan hingga ke perdesaan terus dilakukan Pemerintah Kalimantan Tengah, melalui sosialisasi anggaran

Tribunkalteng.com / faturahman
Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, SERUYAN - Upaya pemerataan dan pengawasan pembangunan hingga ke perdesaan terus dilakukan Pemerintah Kalimantan Tengah, melalui sosialisasi anggaran dana desa yang digelontorkan Pemerintah Pusat ke perdesaan termasuk di Kabupaten Seruyan.

Dalam melakukan pemantauan dan sosialisasi tentang program pembangunan diperdesaan tersebut,
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Habib Ismail Bin Yahya melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Desa Batu Agung, Kelurahan Rantau Pulut, Kabupaten Seruyan bersama instansi terkait.

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka silaturahmi dan diskusi bersama Camat, Lurah, Kepala Desa, serta unsur Forkopimda setempat. Diskusi digelar di Aula Balai Desa Batu Agung terutama membahas masalah pembangunan kawasan perdesaan setempat.

Vaksin Covid-19 ke Kadinkes Balangan Ditunda, Terkendala Kondisi Kadar Gula Darah

Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya, Minggu (31/1/2021) mengatakan pertemuan tersebut untuk membahas mengenai Surat Edaran tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 dikeluarkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar.

Peraturan Mendes PDTT Nomor 13 tahun 2020 menjadi dasar Kepala Desa dan jajaran dalam menyusun rencana kerja pembangunan dan APBDes 2021.Pemprov Kalteng beberapa kali ini menerima surat edaran dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah dan Transmigrasi.

"Itu tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan atau SDGs (Sustainable Development Goals), Permendes nomor 13 Tahun 2020," ujar Habib Ismail Bin Yahya.

Dua mengungkapkan, dalam Peraturan Menteri Desa Nomor 13 tahun 2020 menegaskan bahwa dana desa tahun anggaran 2021 diprioritaskan untuk pencapaian SDGs Desa yang mengukur seluruh aspek pembangunan untuk mewujudkan perkembangan manusia seutuhnya yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Bulan Februari - Mei akan ada evaluasi kinerja.Evaluasi kinerja pendamping Desa, pendamping lokal Desa dan pendamping ahlinya. Pendamping desa diharapkan orang-orang yang mengerti terkait perencanaan," ujar Habib Ismail Bin Yahya. (Tribunkalteng.com / faturahman).

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved