Breaking News:

Wabah Corona Kalsel

Tujuh Ratus Lebih Tenaga Kesehatan Nakes Balangan Segera Divaksin Covid-19

Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan agendakan pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga kesehatan (Nakes) di Balangan.

Tribunkalteng,com/isti rohayanti
Petugas Vaksinator di Kabupaten Balangan menyuntikan vaksin kepada Kajari Balangan, Khaidir pada saat pencanangan vaksinasi Covid- 19 di Balangan 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PARINGIN- Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan agendakan pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga kesehatan (Nakes) di Balangan.

Sebagaimana yang diinformasikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Erwan Mega Karya Latif, pemberian vaksin akan dimulai pada Selasa (2/2/2021) lusa. Sasaran awal yakni seluruh tenaga kesehatan baik di Puskesmas maupun rumah sakit yang berjumlah 781 orang.

Beberapa hari lalu, Dinkes Kabupaten Balangan telah menerima vaksin Sinovac sebanyak 1600 dosis. Dimana vaksin ini akan digunakan untuk sasaran tersebut sebanyak 2 kali suntikan. Adapun jarak penyuntikan 14 hari setelah suntikan pertama.

Tak Penuhi Syarat Divaksin, Bupati Balangan Bertekad Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

"Vaksin ini akan kami distribusikan ke seluruh fasilitas kesehatan yang sudah siap vaksinasi, kesiapan disini meliputi sarana dan prasarana, tenaga pelaksana, dan kondisi jaringan internet. Dimana di Kabupaten Balangan berjumlah 13 Faskes yang siap melayani vaksinasi," ucap Erwan, Minggu (31/1/2021).

Distribusi vaksin ucapnya akan dilaksanakan pada Senin (1/2/2021), sesuai dengan jumlah sasaran yang terdata dan memenuhi syarat vaksinasi. Sehingga ia berharap pada besoknya, Faskes tersebut sudah siap melaksanakan vaksinasi.

Tentunya pada pelaksanaan vaksinasi ini, Dinkes Ucap Erwan juga telah menyediakan petugas pelaksana sebanyak 301 orang. 65 di antaranya merupakan vaksinator dan sisanya tenaga pendukung yakni petugas pendaftaran, skrining, observasi, penanganan limbah dan lainnya.

"Apabila dikalkulasikan, satu vaksinator dapat melakukan vaksinasi sebanyak 15 orang perhari. Maka estimasi paling lama vaksinani tahap pertama akan selesai dalam satu minggu," jelasnya.

Dinkes Balangan ucap Erwan juga mentargetkan vaksinasi akan selesai pada akhir Februari. Dimana semua Nakes di Kabupaten Balangan yang memenuhi syarat selesai divaksin.
(Tribunkalteng,com/isti rohayanti)

Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved