Breaking News:

Berita Banjarmasin

Pemko Banjarmasin Incar Beberapa Titik Lagi untuk Normalisasi Sungai Veteran

Normalisasi aliran sungai di kawasan Jalan Veteran sepertinya masih akan menjadi konsentrasi Pemko Banjarmasin dalam mengatasi banjir yang masih belum

Tribunkalteng.comFrans Rumbon
TPS yang berada di bantaran Sungai Veteran (dekat Pasar Kuripan). 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARMASIN - Normalisasi aliran sungai di kawasan Jalan Veteran sepertinya masih akan menjadi konsentrasi Pemko Banjarmasin dalam mengatasi banjir yang masih belum mereda lebih dari sepekan terakhir.

Seperti diketahui, upaya yang dilakukan oleh Pemko Banjarmasin untuk mengatasi banjir yakni dengan melakukan penyedotan air (pompanisasi) serta melakukan normalisasi sungai.

Terkait dengan upaya melakukan normalisasi sungai ini, Pemko Banjarmasin bahkan sudah melakukan pembongkaran belasan kios di Pasar Kuripan.

Baca juga: Gelapkan SPP Siswa, Oknum Guru Banjarmasin Diringkus di Sampit Kalteng

Belasan kios tersebut dinilai menghambat alur Sungai Veteran, sehingga aliran air pun tersendat hingga membuat debit air yang menggenangi komplek dan gang menjadi lambat turun.

Dan usai membongkar belasan kios di Pasar Kuripan, Pemko Banjarmasin pun rupanya akan menyisiri titik lainnya yang dinilai menghambat aliran sungai.

"Ya, untuk kawasan Sungai Veteran kita terus berupaya melakukan normalisasi. Tidak hanya bangunan di Pasar Kuripan, kalau ada titik-titik yang dianggap menganggu dan menghambat arus lalu lintas maka harus dilakukan normalisasi," ujar Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina.

Berdasarkan pantauan, salah satu yang turut menghambat aliran Sungai Veteran adalah keberadaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di depan Pasar Kuripan.

Hal ini pun sepertinya turut menjadi perhatian Ibnu Sina untuk bisa dilakukan normalisasi sungai.

"Kalau yang di belakangnya itu sudah bisa mengalir. Makanya kami pun juga sudah sampaikan ke Dinas Lingkungan Hidup, apakah memungkinkan dilakukan pergeseran TPS atau ke tempat lain. Ini lagi dicarikan solusinya," pungkasnya. (Tribunkalteng.comFrans Rumbon)

Penulis: Frans
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved