Breaking News:

Wabah Corona Kalsel

Di Kalsel, 250 Klaim Santunan Kematian Positif Covid -19 di Kalsel Belum Cair

Sebanyak 250 lebih keluarga korban penderita Covid- 19 yang meninggal dunia di Kalimantan Selatan belum juga mendapatkan santunan kematian yang dijanj

Penulis: Milna Sari
Editor: edi_nugroho
Foto dokumentasi Tribunkalteng.com
Kadinsos Kalsel Siti Nuriyani 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKLATENG.COM, BANJARBARU - Sebanyak 250 lebih keluarga korban penderita Covid- 19 yang meninggal dunia di Kalimantan Selatan belum juga mendapatkan santunan kematian yang dijanjikan Kementerian Sosial RI.

Padahal sebelumnya Kemensos menjanjikan akan memberikan santunan kemarin Rp 15 juta per jiwa bagi keluarga korban dengan syarat keluarga atau ahli waris harus mengajukan usulan ke Dinas Sosial masing-masing daerah.

Ungkap Kadinsos Kalsel, Siti Nuriyani Sabtu (16/1/2021) di Kalsel baru dua santunan kematian yang disalurkan untuk Kalsel yakni untuk warga Banjarmasin. Sedangkan daerah lain belum.

Hingga kini klaim santunan kematian lainnya belum ada yang disalurkan oleh Kemensos. Padahal ujar Nuriyani usulan sudah dimasukkan semua ke Kemensos.

Baca juga: Luapan Sungai Turun ke Wilayah Selatan Tabalong, Jalan Pengubung ke HSU Mulai Terendam

"Semua usulan sudah kita masukkan ke sana tapi belum cair katanya menunggu regulasi dari Kemensos," ujarnya.

Belum terealisasinya santunan kematian bagi hampir semua penerima di Kalsel ungkapnya lantaran adanya pemeriksaan di Kemensos kemarin. Sehingga bantuan harus dibuatkan Peraturan Menteri yang baru.

"Khusus bantuan Covid diminta agar dibuatkan lagi permen yang baru, jadi kita masih menunggu regulasinya dari Kemensos," tambahnya.

Salah satu keluarga korban meninggal positif Covid -19 di Kabupaten Banjar, Rodi mengaku belum mendapatkan transfer atas klaim santunan kematian bagi keluarganya.

"Belum ada mendapatkan transferan, padahal uangnya bisa untuk keluarga korban yang ditinggalkan. Apalagi keluarga saya yang meninggal itu kepala keluarga," ujarnya.

Seperti diketahui Kemensos memberikan santunan Rp 15 juta bagi ahli waris yang keluarganya meninggal karena terinfeksi Covid- 19.

Sementara persyaratan untuk mendapatkan santunan yakni KTP, KK, juga harus menyertakan surat kematian, surat pernyataan meninggal karena Covid 19 dari puskesmas, rumah sakit atau dari dinas kesehatan, rekening ahli waris, dan surat domisili.
(Tribunkalteng.com/Milna sari).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved